1) BUTTER POP CORN -UNITED STATES

Pop Corn atau jagung berondong sangat popolar di dunia. Butter pop corn yang berasal dari Amerika Serikat menjadi jajanan favorit ketika nonton bioskop.

popcorn

2) MASALA DOSA – INDIA

makanan india dosa

Camilan Dosa bentuknya kering dan krispy mirip dengan makanan crepes. Kunci renyahnya dosa ada pada wajan pembuatan yang dipercikan sedikit minyak.

Namun, banyak juga masyarakat India tradisional yang tidak menggunakan minyak sehingga bentuknya sedikit lemas dan tidak crispy.

3) POTATO CHIPS – UNITED STATES

potato

Potato chips awalnya dibuat di New York ketika seorang jago kuliner memainkan sebuah pertunjukkan menarik di kedai kopi. Bentuknya sama seperti keripik kentang yang sering kita temui.

4) SEAFOOD PAELLA – SPAIN

udang

Paella (dibaca ‘paeiya’) adalah makanan asal di Spanyol berupa nasi yang diberi bumbu rempah dan diberi campuran hasil laut (udang atau kerang)

5) SOM TAM -THAILAND

makanan street food

Som Tam adalah masakan traditional Thailand sebangsa salad sayuran yang terbuat dari papaya muda parut, rasanya yang asam segar serta manis membuatnya menjadi makanan yang digemari semua orang. Jenis som tam sendiri sebenarnya banyak macam, tergantung kreatifitas si pembuat tapi bahan utama yang pasti adalah papaya muda parut, sausnya terdiri dari saus ikan, lime juice, palm sugar, larutan air asam, cabe, dan ebi serta bawang putih. Biasanya Som tam dijajakan sebagai makanan kaki lima di Thailand, cara membuatnya yang unik dengan ditumbuk dengan memakai alat tumbuk. Som tam merupakan hidangan syang disajikan fresh karenanya bahan-bahan yang dipakai juga harus sesegar mngkin.

6) CHICKEN RICE – SINGAPORE

chicken rice singapore

Sederhana namun lezat, Hainanese Chicken Rice adalah makanan favorit warga Singapura, yang menjadikannya sebagai sebuah keharusan untuk Anda cob

 

7) POUTINE – CANADA

poutine

Poutine adalah sebuah makanan yang terdiri dari kentang goreng dan serpihan keju, dan ditambah saus kental. Keju yang dipakai biasanya sangat sega

 

8) TACOS – MEXICO

tacos

Pernahkah Anda makan burrito atau taco di restoran yang menyajikan masakan Meksiko? Bukankah burrito atau taco juga mirip lumpia secara bentuk dan konsep? Kemiripan burrito atau taco dengan lumpia membuat orang-orang Spanyol dan Meksiko menyebut lumpia sebagai tacos chinos.

Burrito dan tacoadalah dua istilah yang dapat saling dipertukarkan. Ada juga yang bilang: kalau besar disebut burrito, kalau kecil dinamai taco. Pembungkusnya disebut tortilla, yaitu roti tipis yang dibuat dari gandum atau tepung jagung. Di restoran-restoran yang menyajikan masakan Meksiko di Amerika Serikat, kita selalu ditanya apakah menghendaki tortilla dari gandum atau dari jagung. Tortilla lebih tebal daripada kulit lumpia. Di atas tortilla diatur semua bahan isian, lalu digulung membentuk paket seperti lumpia. Pada umumnya, isi burrito adalah kacang merah (refried beans), irisan daging panggang (sapi atau ayam), guacamole (bubur alpukat), dan salsa (sambal tomat). Nasi goreng Meksiko juga sering dipakai sebagai isi untuk menggantikan refried beans. Ada juga yang isinya hanya refried beans dengan keju yang dilelehkan.

Burrito atau taco biasa disajikan sudah dalam bentuk tergulung. Tetapi, hampir semua sajian Meksiko selalu disajikan dengan tortilla. Artinya, kita boleh mengisi tortilla dengan lauk-pauk dan kemudian menggulungnya. Tortilla juga bisa dimakan seperti roti pendamping hidangan utama.

 

9) BUTTERED TOAST WITH MARMITE – BRITAIN

toast

Marmite adalah sejenis pasta kental dan berwarna coklat gelap dengan rasa khas yang kuat dan luar biasa asin yang dibuat dari ektrak ragi, yang merupakan sebuah produk sampingan dari pembuatan bir.

 

10) CHICKEN PARMIGIANA, AUSTRALIA

chiken parm aus

chicken parmigian atau chiken parma adalah menu jajanan klasik di Australia sejak jaman dulu kala dan bisa dijumpai di banyak jalanan, restoran maupun cafe di Australia.

 

10 Jajanan atau Street Food Paling Popular di Dunia
Ditag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.