11 Keuntungan Menjadi Blogger, Katanya

Advertisement

Sebagai pendiri situs ayomaju.info yang masih dalam tahap berkembang, saya masih bingung dengan status saya. Web Blog ini saya dirikan dan mengajak bersama teman-teman yang mau berbagi inspirasi dalam artikel yang kami publish.

Orang bilang, blogger merupakan istilah yang dipakai untuk sebuah hobi atau profesi yang dijalankan oleh seseorang yang menulis di website atau blog. Lantas apa bedanya dengan seorang jurnalis dan wartawan?

Menurut informasi yang saya himpun setelah muter-muter di google, blogger berbeda dengan jurnalis atau wartawan. Blogger lebih cenderung menulis dengan keterlibatan dirinya dalam sebuah tulisan, sementara jurnalis atau wartawan hanya memberikan berita yang harus benar-benar akurat dalam penyampaianya kepada masyarakat. Sementara kalau seorang blogger tidak begitu punya tanggung jawab besar seperti jurnalis yang harus ditutuntut untuk bekerja se-profesional mungkin.

Untuk itu, saya kira saya masih bisa digolongkan sebagai seorang blogger. Dan pasti saya selalu belajar untuk memberikan yang terbaik untuk pembaca yang budiman dari berbagai pengalaman dan wawasan yang kami miliki.

Apasih untungnya jadi seorang blogger? dari sumber liputan6.com, saya dapatkan 10 keuntungan menjadi blogger. Diantaranya :

1. Bisa menulis

Permasalahan terbesar bagi sebagian orang adalah mereka tidak bisa menulis. Mayoritas orang lebih senang jadi pembaca atau penonton. Mereka akan bilang, saya nggak punya bakat nulis. Nah, di sini kita akan kalahkan semua itu, meskipun itu jelek dan tidak berkualitas.

Namun, seiring berjalannya waktu kualitas tulisan akan semakin baik bila terus dilatih. Tulisan Anda saat ini mungkin belum sebaik penulis buku, sastrawan, atau wartawan, tapi yakinlah bila Anda terus menulis, Anda pun akan menyamai kemampuan mereka.

Iya, memang bisa sih cuman nulis. Tapi tulisan saya tak sehebat redaksi di detik, viva, merdeka dll yang mampu memancing emosi pembaca. Karena mereka sangat ahli menulis berita yang kontennya biasa saja menjadi membuat orang berpikir untuk membahasnya lagi dengan menambahkan komentar. Sementara saya masih polos dan hanya memberikan point nya saja. Overall saya masih belajar dalam menyusun literasi.

2. Rajin membaca

Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat membaca yang terendah di dunia. Tak heran kalau negara kita sulit bangkit dari keterpurukan, karena remaja dan generasi muda lebih suka nonton acara joget di TV ketimbang memeras otak membaca dan menelaah makna sebuah karya tulisan orang lain. Dengan menjadi blogger sudah pasti Anda rajin membaca karena tidak mungkin Anda mampu membuat tulisan yang bagus bila Anda sendiri jarang membaca.

Ane setuju gan! sejak memiliki hobi menulis dan merasakan indahnya berbagi yang tidak hanya di situs ini saja, saya lebih banyak membaca dan banyak manfaat dari membaca ketimbang nonton tv yang gak jelas.

3. Selalu up-to-date

Tak bisa dipungkiri, selain wartawan, blogger adalah orang yang paling up to date terhadap perkembangan berita. Karena blogger selalu ingin mencari tahu berita terbaru untuk menjadi bahan posting di blognya. Untuk itu blogger selalu haus akan info terbaru dan berita terbaru yang ada di dunia saat ini sehingga menjadikan ia seseorang yang selalu up-to-date.

Mengikuti perkembangan terbaru adalah keharusan. Namun tak semua hal baru saya posting disini terkait kesibukan saya di dunia nyata. Apalagi sudah banyak situs portal maupun news yang punya modal besar dan memiliki wartawan yang banyak.

4. Tidak gagap teknologi

Sebagai orang yang hidup di era digital dan informasi, adalah suatu keharusan bagi seorang blogger untuk tahu perkembangan teknologi terbaru. Terlebih apabila niche blognya adalah teknologi dan gadget. Menjadi seorang blogger juga membuat Anda tidak gagap teknologi alias gaptek.

Sebab Anda sudah terbiasa dengan berbagai macam fasilitas di internet, seperti YouTube, Facebook, Twitter, Dropbox, SlideShare, dan lain-lain. Bahkan tak jarang pendiri perusahaan startup terkenal memulai bisnisnya dari blog, seperti Neil Patel.

Kemampuan menggunakan teknologi itu harus Anda banggakan. Karena tidak semua orang mampu melakukannya.

Ada benarnya juga. Dan itu adalah motivasi saya.

5. Mengetahui ilmu marketing

Anda sadari atau enggak, dengan menjadi seorang blogger anda sudah mengetahui dasar-dasar ilmu marketing. Tidak percaya? Anda pasti ingin membuat judul posting yang menarik minat pengunjung, meningkatkan trafik blog, promosi blog di dunia offline, SEO, hingga memanfaatkan social media, sampai memberi komentar yang bagus saat blogwalking.

Semua hal di atas itu menunjukkan kalau Anda sedikit banyak tahu tentang dunia marketing. Anda harus bangga karena banyak orang yang tidak mengetahui ilmu seperti itu bahkan tidak familiar sama sekali dengan yang namanya marketing.

Ya, beberapa aspek penting dalam pembuatan blog dan website pasti memperhitungan dasar ilmu marketing, terutama profesional blogger baik fulltime maupun part-time. Namun ada hal yang jarang saya lakukan, yaitu blogwalking dengan memberi komentar bagus di web atau blog lain. Karena yang saya harapkan komentar yang ada pada ayomaju.info benar-benar dari pengunjung yang ingin berkomentar, bukan karena bertukar komentar. Selain itu juga saya jarang memanfaatkan sosial media untuk memaksa masuk ke situs ini. Intinya saya pasrah aja di google search engine. Inilah yang saya rasakan perbedaannya dari blogger kebanyakan. Meskipun begitu, saya juga sering berkomentar di web / blog lain karena memang perlu berkomentar untuk mendapatkan informasi lebih jelas atau sekedar memberikan apresiasi kepada penulis. Tidak hanya sekedar “nice info gan! sangat bermanfaat! kunjung balik ke blog saya ya!”

6. Memiliki koneksi yang luas

Anda memiliki banyak teman di kehidupan nyata. Berapa banyak teman Anda yang sehobi? Dengan menjadi blogger Anda akan meningkatkan jaringan pertemanan. Anda pun dapat menambah teman baru yang sehobi. Bukankah asyik ngobrol dengan teman yang punya hobi dan orientasi yang sama?

Enaknya di dunia blogger itu tidak ada yang namanya blogger senior, blogger pemula, blogger profesional. Semuanya setara dan menganggap dirinya adalah orang biasa. Anda harus bangga punya komunitas seperti itu.

Advertisement

Setuju, namun sayangnya masih sedikit orang yang mempunyai hobi yang sama. Dan bahkan terkadang saya sering dipandang sebelah mata karena kesibukan yang aneh ini. Meskipun demikian, saya tidak selalu harus mencari teman blogger, justru saya lebih tertarik mencari jaringan yang lebih luas. Seperti jaringan bisnis kecil-kecilan sampai yang besar, dan siapa tahu bisa dijadikan referensi untuk dijadikan tulisan.

7. Berjiwa peneliti

Blogger tidak hanya punya kemampuan menulis, namun untuk menjadi seorang blogger yang baik Anda dituntut harus menguasai berbagai bidang. Salah satunya adalah penelitian. Kenapa bisa begitu? Karena sebelum melakukan posting blog, Anda harus melakukan riset kata kunci online.

Itu bisa berupa perkiraan kata-kata kunci yang bakal dicari orang, atau Anda menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk riset kata kunci. Selain itu, Anda juga kerap meneliti dan menganalisa berbagai kesalahan yang terjadi di blog Anda.

Jadi dengan menjadi seorang blogger, saya dengan bangga menyatakan kalau kita para blogger ini kelasnya sama seperti ilmuwan dan profesor hanya tanpa gelar!

Tidak, saya tidak harus meneliti dahulu sebelum posting tentang kata kunci. Karena saya hanya menulis apa yang ada di pikiran saya, “I just write what I think about it!”

 

8. Dikenal banyak orang

Siapa yang tak kenal Raditya Dika? Blogger kondang multi talenta ini sangat terkenal baik di dunia maya ataupun dunia nyata. Bisa dikatakan ialah selebriti blogger Indonesia yang belum ada saingannya hingga saat ini.

Dengan menjadi blogger, terbuka peluang bagi anda untuk dikenal masyarakat luas bahkan tampil di media seperti koran, majalah, radio,hingga tampil di televisi seperti Raditya Dika.

Kalaupun tidak sepopuler Raditya, tulisan-tulisan anda akan dibaca oleh orang lain. Anda akan dikenal dengan karya tulisan anda. Apakah anda bisa dikenal orang lain bila tidak menjadi blogger? Bisa sih, tapi ada caranya untuk jadi orang terkenal.

Nggak sama sekali. Saya nggak pengen jadi orang terkenal. Andai saya jadi orang terkenal, saya justru khawatir dengan privasi saya. Orang terkenal identik dengan kekayaan yang mereka miliki, bayangkan jika seorang yang terkenal oleh publik tapi dirinya sendiri sibuk dengan beban finansial yang ada. Cukup tulisan saya dibaca dan bermanfaat oleh orang lain, saya sudah cukup senang. Apalagi ada sebuah timbal balik yang saling menguntungkan. Apa gunanya menjadi orang terkenal tapi tak bisa membahagiakan orang disekeliling. Lebih baik saya menjadi orang anti sosial tapi bisa berbuat banyak untuk sesama.

9. Anda punya fans

Super Junior, Justin Bieber, SNSD, dan Noah adalah penyanyi dan kelompok musik yang mempunya banyak fans. Kita juga pasti melihat kan bagaimana histeria para penggemar mereka untuk menonton idolanya?

Sebagai blogger, Anda juga bisa mempunyai fans yaitu pelanggan RSS atau newsletter. Terlepas apakah Anda punya sedikit atau banyak, setidak-tidaknya Anda sudah punya fans. Tidak banyak orang yang mempunyai fans yang karyanya selalu ditunggu. Bayangkan Anda punya ribuan fans yang selalu menunggu tulisan terbaru Anda.

Bodoh amat. Seumur hidup saya tak pernah memanfaatkan fitur RSS atau newsletter. Fans? saya tidak mempunyai cita-cita seperti artis.

10. Anda disiplin

Berdasarkan pengalaman menjalani beberapa hari di Malaysia dan Singapura, dapat disimpulkan kemajuan mereka disebabkan karena penduduknya yang disiplin. Terlebih di Singapura, penduduknya sangat-sangat disiplin. Seorang blogger sukses sudah menerapkan sifat kedisiplinan ini dalam dirinya.

Coba bayangkan apa jadinya bila Anda tidak pernah update blog lagi. Trafik dan penghasilan anda pun akan turun drastis. Cara terbaik agar blog Anda tetap ramai dikunjungi adalah dengan disiplin membuat postingan, rajin berkomentar di blog lain, share posting ke social media, dan lain-lain Kedisiplinan adalah kunci paling penting untuk menggapai kesuksesan. Tak ada kisah orang sukses tanpa disiplin diri yang baik.

Saya tidak tahu seperti apa kesibukan orang disana, hal seperti ini tidak bisa digeneralisasi, artinya tidak semua orang Indonesia tidak disiplin, tergantung lingkungan sekitar. Sebagai seorang freelancer yang bolak balik dari Palembang, Jakarta, Surabaya dengan kesibukan berbagai macam, menulis adalah salah satu sumber penghasilan saya ketika memiliki waktu luang. Meskipun hasilnya tak seberapa, tapi saya sangat menikmatinya.

11. Anda bisa kaya dari blog

Kaya raya dari blog itu hanya mimpi? Tidak juga. Kalau tidak percaya silahkan baca kisah-kisah sukses pebisnis online yang berangkat dari blog.

Itulah 10 alasan keuntungan menjadi seorang blogger. Sekarang tinggal keputusan Anda untuk bangga atau malu menjadi seorang blogger dan mampu berkata dengan lantang: Aku Seorang Blogger. (mar)

10 keuntungan menjadi blogger

Siapa yang tidak mau kaya raya? begitu juga dengan saya, menjadi seorang kaya raya adalah salah satu cita-cita saya yang pernah tertulis pada buku kenangan SMP 11 tahun yang lalu. Namun saya sendiri tak yakin kekayaan saya berasal dari seb

uah blog, menulis adalah passion dan dollar yang masuk saya anggap sebagai bonusnya saja.

Bangga atau malu? saya sendiri masih belum tahu apakah saya ini tergolong species blogger atau bukan. Karena dengan tulisan 10 keuntungan menjadi blogger diatas, beberapa kriteria seorang blogger saya tidak termasuk di dalamnya.

Tapi satu hal yang pasti, saya mendirikan situs / blog ayomaju.info ini sebagai salah satu media untuk terus berkarya. Maka tak ada salahnya saya berikan tag line Ayomaju.info – Mari Terus Berkarya.

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: April 28, 2015 — 2:27 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme