Le Cong Vinh, Mesin Gol Timnas Vietnam yang Dihujat Netizen

Mengenal kembali sosok Le Cong Vinh, salah satu mesin gol Timnas Vietnam pada gelaran Piala AFF dan sempat jadi bahan hujatan netizen Indonesia.



Pada Minggu (05/12/21) sore WIB kemarin, turnamen terbesar antar negara-negara ASEAN, Piala AFF 2020, baru saja bergulir dan memainkan laga perdana penyisihan grup.

Di pertandingan pembuka Piala AFF 2020, dua tim raksasa yakni Thailand dan Singapura sama-sama berhasil meraih kemenangan telak.


Thailand sukses mencukur Timor Leste dengan skor dua gol tanpa balas, sementara Singapura tak kalah mentereng dengan menghancurkan Myanmar 3-0.


Timnas Indonesia sendiri baru akan memulai perjuangan mereka di Piala AFF pada hari Kamis (09/12/21) mendatang, dengan menghadapi tim kuda hitam Kamboja.


Untuk menyemarakkan gelaran Piala AFF 2020, INDOSPORT akan mengulas beberapa fakta serta catatan menarik yang pernah terjadi sepanjang turnamen dua tahunan ini.


Di edisi sebelumnya, ada ulasan tentang sosok R. Sasikumar sang pencetak gol tangan Tuhan dan jadi pahlawan Timnas Singapura dalam meraih gelar Piala AFF perdana tahun 1998 silam.



Adalah Le Cong Vinh, mantan ujung tombak Timnas Vietnam pada era 2004 hingga 2016 tersebut memang memiliki sederet prestasi mentereng terutama untuk level ASEAN.


Tercatat sejak pertama kali debut di timnas senior, pemain yang sempat memperkuat Hokkaido Consadole Sapporo di Liga Jepang tersebut mampu menyumbangkan beberapa gelar bergengsi.


Salah satu yang paling gemilang tentu gelaran Piala AFF 2008, di mana pada saat itu Le Cong Vinh sukses jadi pahlawan dan hantarkan Timnas Vietnam merengkuh gelar untuk kali pertama dalam sejarah.


Meski hanya cetak dua gol, namun lesakkan Le Cong Vinh tersebut terjadi di dua leg partai final yang membuat Vietnam berhasil mengalahkan Thailand dalam perebutan gelar juara.


Di akhir kompetisi, Le Cong Vinh pun berhasil masuk dalam daftar Team of the tournament (Best XI) ASEAN Football Championship tahun 2008 yang kemudian mampu ia ulangi pada gelaran 2010 dan 2016.

Total saat berseragam Timnas Vietnam, Le Cong Vinh yang kini telah gantung sepatu tersebut mampu catatkan 83 caps dan menorehkan 51 gol.


Selain prestasi mentereng, ada satu hal lain dari Le Cong Vinh yang membuat namanya cukup dikenang netizen Indonesia.

Yakni indikasi ucapan kasar yang ia tunjukkan untuk Timnas Indonesia pasca tersingkir di Piala AFF 2016.


Le Cong Vinh dan Netizen Indonesia

Kejadian ini terjadi pada 7 Desember 2016 silam, atau tepat pasca Timnas Indonesia memastikan tiket ke final Piala AFF dengan menahan imbang Vietnam 2-2 pada leg kedua. (Di leg pertama, Timnas Indonesia berhasil menang 2-1).


Usai pertandingan leg ke-2 yang berlangsung di Mỹ Đình National Stadium tersebut, sejumlah insiden terjadi dan menimpa Timnas Indonesia, salah satunya kejadian bus yang mengangkut pemain dilempar batu hingga kacanya hancur berantakan.



Tensi panas pun juga berlangsung di dunia maya. Melalui salah satu unggahan akun Instagram, tertangkap layar bahwa bahwa kapten Timnas Vietnam, Le Cong Vinh, kedapatan menghina Indonesia.


Hinaan itu ia lakukan di kolom komentar akun @AFFSuzukiCup. Dengan menggunakan akun @iiamyuk, Le Cong Vinh mengomentari video pertandingan yang diunggah AFF Suzuki Cup dengan kata-kata yang tidak layak. "F**k INDONESIA," komentar Vinh.



Sontak saja, ucapan tersebut langsung membuat netizen Tanah Air panas.


Pada video yang sudah disaksikan lebih dari 156 ribu orang itu, terdapat lebih dari 7500 komentar yang sebagian besar menghujat aksi Le Cong Vinh. Sementara itu pada gelaran Piala AFF 2020 ini, Timnas Indonesia dan Vietnam bakal berada dalam satu grup.


Berkaca dari hasil pertemuan sebelumnya dan ditambah bumbu pemantik emosional di luar laga, menarik dinanti duel big match antara Timnas Indonesia kontra Vietnam di Penyisihan Grup B Piala AFF 2020 pada 15 Desember 2021 mendatang.


Silahkan cek skor bola terkini hanya di '' itcscore ''

Belum ada Komentar untuk " Le Cong Vinh, Mesin Gol Timnas Vietnam yang Dihujat Netizen "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel