Menurut Utami seorang Psikolog UGM, ada tiga poin yang dapat mempengaruhi pengembangan potensi pada anak yaitu :

1. Peran Keluarga

Anak anak yang tinggal di keluarga yang merangsang dan tidak konvensional, akan belajar menikmati keberagaman, keterbukaan dan orisinalitas. Sebagai orang tua hendaknya selalu menerima dan menghargai keunikan anaknya, itu merupakan langkah awal dalam mengembangkan kreatifitasnya.

Orang tua dapat membantu menemukan minat-minat mereka yang paling mendalam dengan mendorong anak melakukan kegiatan yang beragam. Minat anak akan berkembang dan dapat berubah berselangnya waktu.

potensi pada anak ayomaju.info

2. Peran Sekolah

Guru mempunyai dampak yang besar tidak hanya prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak terhadap sekolah dan terhadap belajar pada umumnya.

Guru tidak dapat mengajarkan kreativitas, tapi dapat memunculkan kreatifitas, memupuk dan merangsang pertumbuhannya. Oleh karena itu motivasi dan suasana belajar yang menyenangkan sangat diperlukan seorang guru dalam meningkatkan kreativitas anak didiknya.

 

3 Peran Masyarakat

Sebagai program untuk anak dapat terlaksana dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dalam masyarakat sebagai bagian dari proses belajar.

Dukungan serta partisipasi dari masyarakat juga dapat membantu kelancaran dalam pelaksanaan program untuk anak tersebut.  Sehingga dalam kedepannya akan mendukung perkembangan potensi pada anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice