5 Alasan yang Membuat Kurang Bahagia

Bagikan jika Anda suka

Dalam menjalani kehidupan tentu saja membutuhkan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Ada beberapa alasan yang menghambat sebuah kebahagiaan. Alasan apa saja yang membuat kurang bahagia tersebut?

1. Tidak ada waktu luang

Hal yang sangat wajar ketika kita memiliki waktu  yang sangat padat. Kita juga sering terjebak dalam kegiatan dan aktifitas yang tak ada henti-hentinya. Namun sebenarnya daftar kegiatan harian kita bukanlah alasan utama, tetapi bagaimana caranya untuk menikmati moment.

Dilansir dari media bisnis, Agapi Stassionopolus “bukan berarti kita tak sibuk dan tak memiliki banyak hal yang harus  diselesaikan, tetapi kita terjebak pada rutinitas dan kehilangan prespektif dalam memandang sebuah kehidupan”.

Dengan meluangkan sejenak waktu yang kita punya akan menambah manfaat banyak. Salah satunya adalah kebahagiaan.

 

2. Terlalu memikirkan anggaran.

Bukan berarti dalam hal anggaran kita harus mengeluarkan uang secara jor-joran. Namun ketika kesempatan yang langka menghampiri kita, pilihan terbaik adalah “ya, kenapa tidak?”.  Dalam sebuah studi menjelaskan bahwa kita mengeluarkan uang untuk bisa mendapatkan pengalaman, bukan untuk mendapatkan suatu item.

Misalnya saja jika anda adalah penggemar klub sepak bola Real Madrid, dan tim tersebut akan segera datang ke Indonesia beberapa waktu ke depan. Maka jangan sia-siakan moment ini, harga tike mungkin terbilang mahal. Namun yang perlu diketahui bahwa kebahagian akan terasa mulai dari memegang tiket ke stadion sampai ketika anda  sudah melewatinya, apa lagi bisa mendapatkan tanda tangan Ronaldo.

 

3. Tidak memanfaatkan cuti

Perusahaan telah menyediakan jatah cuti kepada karyawannya. Namun tak banyak yang memanfaatkan cuti tersebut untuk meluangkan waktu mencari sebuah kebahagiaan. Terkadang masih sayang untuk cuti karena selalu ingin bekerja terus dan mendapatkan lemburan.

Jika cuti memang tak bisa diambil, setidaknya manfaatkan waktu akhir pekan untuk liburan. Cobalah untuk mematikan handphone demi sebuah kebahagiaan anda.

 

4. Takut mencoba hal baru

Mencoba hal baru memang terdengar menakutkan. Tetapi hal tersebut bisa memberikan kebebasan pada diri sendiri. Hidup terlalu monoton dan kejenuhan semakin menumpuk, maka dengan melewati tantangan baru akan mendapatkan pengalaman baru dan sebuah kebahagiaan yang tak ternilai.

bahagia

Seperti pada sebuah kisah dalam film Secret Life of Walter Mitty “Untuk melihat dunia, mendatangi sebuah bahaya, untuk melihat dibalik dinding, mendekatkan, untuk menemukan satu sama lain dan untuk merasakan. Dan itu adalah makna sebuah kehidupan”

Catatan Tambahan : Tujuan utama hidup untuk seorang muslim adalah beribadah kepada Allah SWT.

 

5. Menunda

Mimpi yang tertunda dapat menyebabkan hilangnya mimpi tersebut. Jika sering bilang besok aja kapan-kapan, tahun depan, atau tak menentu, maka kebahagiaan itu juga akan menjauh. Untuk itu jika ada waktu luang, langsung saja kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.