Namanya kurang popular di mata dunia, namun Abbad ibn Firnas adalah orang pertama yang berupaya nyata membangun sebuah mesin terbang.

Ide ini telah dilakukan Abbad jauh sebelum Wright bersaudara terbang dan Leonardo Da Vinci yang mendesign alat terbangnya.

Pada abad ke-9 ia merancang alat bersayap, kasar menyerupai kostum burung. Dalam percobaan yang paling terkenal dari atas menara masjid Agung Cordoba di Spanyol, di tahun 852 Firnas berharap terbang seperti burung. Tetapi ia menukik ke bawah dengan sedikit cidera di punggung karena dengan mantel yang bersifat sebagai parasut pertama ia sediakan untuk melindunginya.

Abbad Ibn Firnas
Abbad Ibn Firnas

Pada 875, usia 70 tahun, setelah Abbas ibn Firnas menyempurnakan sebuah mesin dari sutera dan bulu elang, dia mencoba lagi, melompat dari sebuah gunung. Dia terbang ke ketinggian yang signifikan dan tetap tinggi selama sepuluh menit, tetapi jatuh saat mendarat dengan benar, bahwa ternyata ia tidak diberi perangkat ekor sehingga akan memperlambat saat mendarat. Bandara internasional Baghdad dan sebuah kawah di Bulan diberi nama Abbas ibn Firnas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice