AC Kurang Dingin Bukan Selalu Karena Freon

Jika Anda adalah orang yang berhati-hati dengan anggaran, jangan terburu-buru panggil tukang jika AC mulai berasa kurang dingin. Anda bisa memperbaiki AC tersebut tanpa mengeluarkan banyak uang.

Jasa service AC banyak yang bilang kalau AC kurang dingin itu karena freon. Itu bisa saja benar. Namun yang sering ditemui adalah karena kondisinya yang kotor.

Petugas yang datang bilang: “Pak ini freonnya harus diisi ulang / ganti”

Apakah benar begitu, atau Anda dibohongi?

Simak penjelasannya, credit: Themaniax.blogspot.com

Teknologi freon yang ada di AC kurang lebih mirip dengan freon yang ada di Lemari Es atau kulkas. AC itu sama halnya dengan kulkas, sama-sama menghunakan tabung freon. Bedanya adalah pada Ac terdapat kipas untuk menyemburkan hawa dingin yang dihasilkan dari pipa zigzag yang dilalui gas freon. Sedangkan kulkas tidak dihembuskan kipas, agar bagian frezzer bisa membekukan apa saja yang disimpan di ruang tersebut.

Pernahkah anda melakukan isi ulang freon kulkas? Maksudnya adalah umur freon AC itu sangat lama. Setara dengan umur freon yang ada di kulkas. Jadi bisa dibilang, tanpa ada kerusakan parah misalnya pipa bocor atau retak, maka freon AC sama sekali tidak perlu diisi ulang.

Lantas bagaimana jika AC kurang dingin? Penyebabnya adalah kotoran, bukan freon. Bersihkan saja filter AC minimal 1 bulan sekali. Atau jika tidak sempat atau tidak bisa melakukan sendiri, mintalah tukang AC untuk membersihkannya (cuci kulkas). Jika tukang AC menawarkan isi ulang freon, tolak saja. Kemudian lain waktu carilah tukang AC yang lain karena berarti tukang AC yang pertama tadi sudah berlaku curang dan berusaha menipu anda.

Tambahan:

Dilapangan atau dipasaran sekarang pemasangan penggunaan pipa refrigent banyak yang tipis dan sering terjadi pipa robek pada sambungan, sehingga terjadi kebocoran tanpa diketahu pemiliknya, lama-lama kompresor jebol. Klo cuci ac sekalian minta cek tekanan preon nya, normal apa tidak. Di ac tercantun spek tekanan standarnya, jadi pemilik bisa ikut mengontrol. Kalau ada tukang service ac menawarkan isi freon, pemilik bs minta diperlihatkan tekanan freonnya, dan perlu diingat penyebab freon berkurang juga harus diperbaiki atau ganti pipa refrigent yang lebih tebal. Biar ga percuma isi freon klo pipanya masih bocor.

Bagikan jika Anda suka

Tinggalkan komentar