Baterai AAA adalah baterai yang biasanya digunakan untuk remote, mouse bluetoth, dan masih banyak lagi. Sedangkan AA merupakan tipe baterai yang lebih umum kita temukan pada jam dinding, tamiya, dan banyak lagi.
Khusus untuk baterai rechargeable (yang bisa di cas lagi) seperti sanyo, gp, energyzer, dll biasanya membutuhkan alat charger khusus untuk mengisi kembali. Namun bila tak ada pun tidak menjadi masalah. Kita bisa membuat charger dengan alat seadanya.
Yang pertama siapkan kabel usb bekas yang tidak terpakai, lalu potong kabel tersebut untuk disambunkan ke kutup baterai.

image

Kemudian sediakan bekas mainan yang menggunakan baterai AA atau AAA misalnya remote tv.

image

Sekarang tinggal memasang baterai tersebut ke tempat yang sudah disediakan. Perhatikan  bagian ujung kutup positif dan ujung kutup negatif, dimana seperti contoh diatas kabel merah sambungkan kutup positif sedangkan negatif dengan kabel usb berwarna hitam.
Tinggal colokkan saja ke  charger handphone atau powerbank.
Syarat agar bisa mengisi, arus sumber harus lebih besar daripada baterai tersebut. Misalnya ketika akan mencharge baterai AAA berkapasitas 700 mAh, maka charger setidaknya mempunyai arus 1000 mA atau 1 Ampere.
Sementara ukuran voltase tidak begitu berpengaruh. Hanya saja  ketika baterai tertulis 1,2 volt, sedangkan charger mempunyai voltase 5 volt akan membuat baterai cukup panas. Jadi usahakan sekali mencharge 2 baterai sekaligus agar tidak terlalu panas ketika mengisi dalam waktu 1 jam.

74 thoughts on “Alternatif Mengecas Baterai AAA AA dengan Usb”

    1. Kalau dari USB (PC or Laptop) biasanya memiliki arus kecil. Mungkin charger lebih bagus karena sering tertulis 1A atau 2A

  1. Oi gua baru san coba …pakai kepala charger hp bekas dan di sambung kabel usb,lampu di kepala chagernya sih nyala…. tapi gua ga yakin ngisi atau enggak ? saran pliss

    1. Bisa, misal baterai AA 1000 mAh, paling tidak dengan charger dengan arus 2 Ampere, satu baterai bisa penuh dalam 30 menit, mungkin secara logika membutuhkan waktu 0.5jam x 8baterai = 4 jam. Atau sebagai penanda jika temperatur baterai mulai panas, maka segera cabut.

  2. Barusan sya pake mencas batrai jam dinding AAA,,
    tapi ngecasnya pake alat DVD 5v
    ap itu tidak merusak?
    kho baru 2menit batrainya udah panas she.

  3. Mf numpang nanya kalau aki kering 10v 1100 mAh berapa buah batre jenis AA,soalnya mobilan saya susah cari aki jenis itu, mohon yang tau beri penjelasan..

  4. Maaf gan saya punya batre bekas powerbank 3 biji, rencananya saya mau bikin buar rc saya, kalo ngecas nya sekaligus baiknya di rangaki seri ato paralel? Terus pake cara di atas bisa ga? Mohon infonya

  5. Gan… mau nanya nih, saya nyambungin pakai kepala charger, jadi langsung ke colokan. Saya charge nya charge baterai aa ABC. Bahaya tidak kalau langsung charge ke colokan dan apa baterai aa yang ABC bisa di isi ulang? Kira-kira men-charge nya berapa lama ya gan??.. Mohon jawabannya gan. Saya takut meledak takut kebakar. Bahaya ga ini gan? Maaf kepanjangan gan.

    1. ABC tidak bisa dicharge (non-rechargeable)

      Untuk tutorial ini, perlu pengetahuan dasar elektronika. Jangan asal coba-coba, jika ragu, jangan dilakukan.

  6. mas saya udah bikin make input make charger 5v trus saya kasih lam pu indikator, pas saya pasang baterai lampu idikator menyala trus pas saya pasang charger ke stop kontak malahan lampu indikator berkedip terus meneru itu kenapaya mohon untuk pencerahanya mas ,terimakasih.

    1. kabel warna ping?

      Setahu saya kabel usb warnanya: hitam, merah, hijau, putih.
      alternatif kabel utp: orange/strip, coklat/stip, hijau/stip, biru/strip.

  7. Om mau tanya nih, sy punya mobil remote, batere yg dipakai 1,5 v x 3 buah, nah sy pasang 3 buah batere rechargeable 1,2 v, kok nggak bisa jalan ya mobilnya? Saya coba tambah jadi 4 batre rechargeable malah batrenya jadi ngebul,,, hehe,,, mohon sarannya,,,

    1. Baterai ngebul mungkin konslet karena salah pasang atau socket baterai tidak sesuai.
      Seharusnya tidak ada masalah 3 buah baterai 1,2 v dengan 1000mAH yang telah terisi penuh.
      Over source (penggunaan baterai berlebihan) bisa menyebabkan kerusakan pada motor/dinamo dan komponen elektrik lainnya.

  8. Mas tolong bantuan nya yah mas ini saya ada kamera fujifilm s4500 nah saya ini kan pakek batre alkaline/abc nah saya caslah pakek casan batre itu kan ada jual nya mas udah saya beli tapi kok kamera saya ini cepet bener low nya mas apakah batre saya itu tidak terisi pakai casan batre ini mas tolong info nya maa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice