Apa Saja Yang Menarik di Sistem Operasi Android Nougat

Advertisement

Akhirnya, versi baru sistem operasi baru android sudah datang. Penamaan android memang mudah ditebak, karena berdasarkan urutan huruf dari A sampai saat ini N dengan tema makanan ringan / cemilan. N = Nougat. Sistem operasi baru itu telah dijalankan pertama kali pada smartphone Nexus setelah proses versi beta yang panjang.

Android 7.0, telah dirilis beberapa minggu yang lalu, perangkat yang didukung android nougat antara lain: Nexus 6P, 5X, Nexus 6, Nexus 9, Pixel C dan Nexus Player.

Nah, apa saja yang menarik di OS Android Nougat? berikut ini adalah ulasannya.

UI dan Notification lebih baik

Peningkatan yang paling jelas untuk Android Nougat adalah UI tweak nya. Ini lebih jelas daripada di menu notifikasi nya.

android n

Anda sekarang dapat matikan kontrol instan ketika Anda geser ke bawah dari atas layar, sehingga Anda akan dapat mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth secara cepat.

Notification atau pemberitahuan sendiri sekarang lebih banyak ruang-efisien, menempati lebar layar dan font yang lebih kecil. Itu juga dapat dibuat untuk diringkas menurut aplikasi, sehingga Anda tidak akan disesaki menu pemberitahuan, misalnya pesan WhatsApp yang terpisah.

Ini kemudian dapat diperluas dan ditangani dari dalam menu pemberitahuan. Ya, Google telah memungkinkan balasan cepat untuk pengembang aplikasi pihak ketiga.

 

Quick Switch dan Multi Window

Android telah lama menangani multitasking dengan baik, dan di Android N diatur untuk mendapatkan yang lebih baik. Beralih cepat akan memungkinkan Anda untuk langsung beralih ke aplikasi terakhir yang Anda digunakan dengan menekan dua kali tombol Recent (Terakhir/Terbaru).

Ada juga tombol Erase All (Hapus Semua) dalam menu terbaru. Percaya atau tidak, ini tidak hadir dalam sistem operasi sebelumnya: Android Marshmallow.

Selain itu, Google membawa fitur multi-window sendiri untuk Android Nougat melalui menu terbaru. Cukup tekan tombol Recent dari dalam aplikasi dan Anda akan dapat memilih aplikasi kedua untuk membuka di samping – dalam tampilan split-screen.

Pada perangkat layar besar yang cukup banyak pada smartphone Android sekarang, ini harus menjadi bantuan produktivitas utama. Anda akan dapat menjelajahi web sekaligus melakukan pesan instant dengan orang lain, misalnya.

Bahkan akan mungkin untuk menyeret item antara dua aplikasi yang terbuka. Cukup bagus.

Picture-in-picture

Yang satu ini lebih ditujukan pada pengguna TV Android dari pengguna ponsel atau tablet, namun Android Nougat mendukung kemampuan untuk menonton video di jendela yang disematkan di sudut layar, sementara aktivitas lain berjalan di latar belakang.

Jika Anda pernah melihat fitur ini di aplikasi seluler YouTube, Anda akan memahami cara kerjanya. Sekarang akan akan tersedia untuk semua pembuat app pihak ketiga.

Vulkan API Support

Android Nougat akan mengadopsi dukungan API Vulkan, yang harus meningkatkan kualitas game, VR, dan aplikasi grafis yang jauh lebih intensif di ponsel.

Vulkan ini dirancang sebagai pengganti OpenGL, dan menjanjikan untuk membuat pengembangan game cross-platform lebih mudah dan lebih ramping.

Advertisement

Hasil akhir akan lebih tepat waktu,daya yang efisien, dan tampilan lebih baik untuk mencari game di smartphone Android dan tablet.

Daydream VR

Android Nougat akan menjadi OS dari Google yang sepenuhnya merilis rencana VR-nya. Tidak hanya terhenti di google cardboard

Daydream adalah platform VR baru Google – satu set standar headset dan perangkat keras pengendali VR dengan UI berbasis Android Nougat yang bertujuan untuk membuat, menemukan dan menggunakan konten VR jauh lebih mudah dan lancar. 20ms latency ultra-rendah memungkinkan untuk membuat pengalaman VR jauh lebih barik dari yang kita pernah lihat sebelumnya.

Kompatibilitas akan terbatas pada merek handset baru, sehingga smartphone Anda saat ini mungkin tidak akan dapat menjalankan Daydream, namun ponsel baru 2016 seperti Nexus baru dari Google, seharusnya bisa.

Google benar-benar memacu untuk pengembangan yang lebih baik. Tahun 2017, berharap ponsel flagship paling baru untuk mendukung Daydream.

Allo dan Duo

Terlepas dari semua tweak dan perangkat tambahan untuk Android Nougat, dua dari penambahan paling ramai dibicarakan adalah aplikasi Allo dan Duo.

Allo adalah aplikasi pesan baru Google yang menggabungkan mesin pencarian, mesin-learning dan teknologi keamanan perusahaan. Dengan itu, Anda akan dapat melakukan pencarian web dan membuat pemesanan dari dalam percakapan.

Allo juga dapat menyarankan balasan pesan, berdasarkan apa yang ia mengerti dari kata-kata dan gambar yang telah dikirimkan kepada Anda.

Akan ada modus yang disebut “Incognito Chat”, yang mengaktifkan enkripsi end-to-end untuk pesan Anda, dan Anda juga dapat mengatur pesan berakhir setelah waktu tertentu, seperti pada Snapchat.

Sementara itu duo adalah panggilan video aplikasi baru Google, yang menjanjikan untuk membuat panggilan video semudah mungkin. Selengkapnya: Google Kembangkan Aplikasi Video Call: Google Duo

Lebih efektif

Android Nougat bukan hanya tentang fitur pintar baru. Google juga telah memperketat komponen inti sistem operasi, ke titik di mana persyaratan sistem telah benar-benar datang.

Sebagai kelanjutan dari Proyek Svelte, yang diluncurkan dengan Android 4.4 KitKat, Android Nougat dapat berjalan lebih cepat pada perangkat keras dari versi sebelumnya.

Selain itu, Google telah bekerja pada fitur Doze, yang pernah diperkenalkan pada Android Marshmallow terkait dengan efektifitas daya smartphone. Di Android Nougat, Doze sekarang bekerja setiap kali layar mati, tentunya akan lebih efektif lagi.

Pembuat aplikasi juga akan dapat mengurangi jumlah daya latar belakang yang mereka konsumsi di Android Nougat. Aplikasi akan menginstal 75 persen lebih cepat, dan mengambil 50 persen lebih sedikit ruang.

Pembaruan lebih baik

Aplikasi Android terus-menerus memperbarui di latar belakang. Ini cukup mengganggu jika Anda sedang memainkan sesuatu baik aplikasi atau game disaat pembaruan.

Di Android Nougat, Google memperkenalkan Pembaruan Seamless. Hal ini akan memungkinkan dua gambar sistem yang akan dijalankan secara bersamaan, pada dasarnya memungkinkan Anda untuk memperbarui aplikasi di latar belakang sementara Anda dapat menjalankan aplikasi atau game.

Advertisement

Info Terkait

Updated: Agustus 23, 2016 — 1:04 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme