Apa yang Anda Harapkan dari Jaringan Teknologi 5G

Advertisement

Hari-hari ini ada banyak pembicaraan tentang “5G”, generasi baru kelima teknologi konektivitas mobile. Banyak operator besar seperti Samsung, AT & T, Verizon, Nokia, dan Huawei bekerja keras untuk membuat jaringan internet 5G dalam kompetisi yang ketat.

Seperti apa 5G dan kapan akan digunakan?

jaringan internet 5g lte koneksi

5G merupakan generasi kelima dari teknologi jaringan seluler dengan menjanjikan 4 perbaikan besar:

Kecepatan Tinggi

5G menjanjikan akan memberikan kecepatan 10Gbps (dalam teori) dan kecepatan 100Mbps di jaringan yang padat, beberapa kali lebih tinggi dari platform 4G saat ini.

Latency rendah

Sementara 4G memiliki latency sekitar 30-50ms, latency 5G diharapkan menjadi di kisaran 1ms atau kurang.

Jumlah Koneksi

Sementara jaringan 4G dapat menyediakan hingga ribuan koneksi, jaringan 5G diharapkan dapat meningkatkan jutaan koneksi per kilometer persegi. Hal ini sangat penting berkaitan dengan pertumbuhan eksplosif yang diharapkan dari perangkat IOT untuk sekitar 20 miliar perangkat pada 2020.

Advertisement

Konsumsi daya yang rendah

5G diharapkan untuk mengkonsumsi daya baterai kurang dari 4G.

Terlepas dari asumsi di atas, rincian teknis sebenarnya 5G belum didefinisikan, dan ada persaingan sengit untuk menyelesaikan standar, diperkirakan belum akan rampung pada tahun 2018.

Kapan 5G akan tersedia?

Perkiraan saat berbicara tentang 2020 sebagai tahun ketika kita dapat mulai menggunakan 5G. Ada pembicaraan tentang menyediakan layanan 5G terbatas di tahun 2018 bersamaan dengan Olimpiade di Korea Selatan.

Namun, jika mengingat semua tantangan yang tersisa yang perlu diselesaikan sebelum 5G benar-benar menggantikan infrastruktur 4G, tampaknya kita masih beberapa tahun lagi akan memiliki jaringan 5G LTE secara luas.

Tantangan infrastruktur 5G

Mendefinisikan standar akhir, menyediakan infrastruktur backbone yang diperlukan dimana dapat menangani kecepatan yang sangat tinggi seperti yang diharapkan. Embedding hardware yang dibutuhkan di semua smartphone dan perangkat mobile lainnya.

Kesimpulan

Jaringan 5G hampir dipastikan akan ada. Itu adalah infrastruktur komunikasi yang diperlukan untuk dekade ke-3 di abad ke-21 untuk teknologi lainnya seperti, Artificial Intelligence (AI), dan komunikasi video secara langsung. Namun tampaknya kita harus menunggu selama 5 tahun atau lebih untuk melihat jangkauan yang luas dari 5G untuk kita gunakan sehari-hari.

Advertisement

Info Terkait

Updated: Juli 30, 2016 — 11:57 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme