Apa yang Harus Dilakukan Jika Belum Punya Ide Usaha

Advertisement

Hampir semua usaha memiliki hasil, asalkan menjalankannya dengan jalur yang tepat. Banyak orang yang memiliki niat untuk memulai bisnis, akan tetapi, terkendala dengan ide usaha yang belum terbayang sama sekali. Lantas, bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika belum punya ide usaha?

Pertama, niat. Mungkin kalau dihitung, orang yang berhasil berkat kebetulan semata hanya 1 banding 1000. Apakah Anda hanya ingin bermimpi saja dengan duduk-duduk manis menunggu bongkahan emas turun dari langit?

ide usaha hujan uang ayomaju.info bisnis

Poin paling dasar ketika hendak memulai bisnis adalah : jangan takut gagal. Pastikan memiliki mental bukan mental karyawan, tepi mental entrepreneur, mental yang tidak mudah menyerah, mampu melewati awal yang tidak mudah.

Mulai dari hal yang sederhana, paling dekat dan dengan yang kita bisa. Akan lebih maksimal jika memulai dari hobi yang kita sukai. Tapi, tidak masalah juga jika itu diluar hobi. Yang paling penting, tetapkan waktu : kapan dimulai.

Dengan cara mengumpulkan berbagai sumber informasi, baik itu dari buku, seminar, internet, atau orang-orang yang telah sukses yang mau berbagi ilmu, kita harus peka terhadap peluang. Gali info sebanyak mungkin, dan mulailah bergaul dengan banyak orang orang serta bangun networking untuk masa depan.

Advertisement

List Bisnis Ide Usaha

Buatl daftar atau list bisnis yang sudah terkumpul di pikiran Anda. Perhatikan, mana yang memiliki potensi bagus untuk dijalankan. Tentunya, bisnis tidak akan berjalan dengan dengan negatif thinking. Jadi buat diri Anda yakin pasti bisa. Sugesti positif ide usaha akan jadi bisnis milyaran yang tidak mustahil untuk diwujudkan.

Mulai dengan menentukan 2-3 Bisnis yang paling memiliki potensi terbaik, kemudian tentukan satu bisnis yang benar-benar menjanjikan. Fokus pada satu bisnis terlebih dahulu sebelum membangun bisnis lainnya. Jika satu sudah berjalan, Anda mulai bisa membangun ke bisnis lain. Atau jika binis gagal, bisnis lainnya adalah opsi yang bisa segera diambil.

Masalah Modal

Modal memang menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi dalam memulai usaha. Tapi paling tidak, Anda memiliki modal 1 M, yaitu “MAU”.  Kemauan merupakan modal yang sangat berharga. Saat mendapatkan ide cukup bagus, namun terbentur degan masalah modal, bukanlah sebuah halangan yang menghentikan ide bisnis Anda. Modal kecil tidak masalah. Jika bisnis membutuhkan modal besar, Anda bisa mencari partner bisnis atau investor, atau mungkin juga Anda mencari pinjaman uang yang saat ini mudah Anda dapatkan baik di bank maupun pinjaman dana secara online dengan syarat yang mudah dan jaminan bervariasi.

Apabila telah siap untuk memulai bisnis, saatnya fokus pada perbaikan kualitas produk dan meningkatkan omset. Terapkan strategi marketing yang tepat, mulai dengan mengiklankan produk Anda di media cetak, televisi, billboard (outdoor advertising) atau gunakan media online atau social media.

Ketika Anda merasa telah sukses, jangan mudah terlena. Sebab ide usaha baru, bahkan yang benar-benar baru, bisa saja beberapa tahun kedepan ada pebisnis lain yang meniru Anda dengan inovasi tambahan. Tetap terus berinovasi.

Satu hal lagi, jadilah pribadi yang dapat dipercaya, ini penting dalam menjalankan bisnis dalam networking.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme