Apa Keuntungan dan Kerugian Root Android? Ayobahas!

Advertisement

Sebagian besar orang yang saya temui, setelah mereka membeli smarphone baru, unboxing langsung dihidupkan kemudian proses root. Katanya, kalau nggak di root, nggak greget!

Tapi nggak sedikit juga yang tak mau melakukan root pada smartphone android mereka. Berbagai alasan yang berbeda, diantaranya; pengguna lebih senang degan bawaan yang ada, atau mereka ogah kerepotan jika terjadi kesalahan saat melakukan root.

Bedanya apa sih hape yang sudah di root dan belum di root?

Jika Anda ingin bermain-main dengan gadget Anda, melakukan rooting pada ponsel Android Anda bisa membuka seluruh isi. Sementara OS Android itu terbilang sangat bisa untuk disesuaikan untuk mengatasi kerbatasan yang ditetapkan oleh operator Anda atau dengan produsen ponsel Anda.

 

Apakah root itu beresiko?

Tentu saja, semuanya ada resiko, termasuk juga melakukan rooting. Rooting, juga dikenal sebagai jailbreaking, memungkinkan Anda mengakses semua pengaturan pada telepon Anda, yang kebanyakan tidak terjangkau pada ponsel non-root ( belum diroot). Ini adalah proses yang lumayan rumit, dan jika dilakukan secara tidak benar, bisa membuat ponsel tidak dapat digunakan.

Ketika dilakukan dengan cara yang benar, Anda dapat membuka fungsi dan membuat pekerjaan Android Anda seperti yang Anda inginkan.

 

 

Keuntungan dari Rooting

Singkatnya, perakaran memberikan Anda kontrol lebih besar atas ponsel Anda. Bila Anda mengoprek ponsel Anda, Anda dapat mengganti OS Android pra-instal dan menggantinya dengan yang lainnya; berbagai versi dari Android disebut ROM. ROM kustom memberikan banyak pilihan bentuk dan ukuran, apakah Anda sedang mencari sistem operasi Android, versi terbaru dari Android yang belum diluncurkan ke telepon Anda, atau pengalaman yang sama sekali berbeda.

Anda juga dapat menginstal “incompatible apps” (memaksa aplikasi yang sebenarnya tidak didukung), menghapus ‘factory-installed’ atau aplikasi bawaan yang tidak Anda inginkan, dan mengaktifkan fitur seperti wireless tethering yang mungkin diblokir oleh operator Anda. Tethering berarti Anda dapat menggunakan telepon Anda sebagai hotspot nirkabel, menyediakan akses Internet ke komputer Anda atau tablet ketika Anda keluar dari jangkauan Wi-Fi. Anda juga dapat men-download aplikasi yang mungkin diblokir oleh operator Anda untuk berbagai alasan.

Apakah Anda pernah mencoba untuk menghapus pra-instal aplikasi dari ponsel Anda? Aplikasi ini, disebut sebagai bloatware, tidak bisa menghapus dari telepon yang tidak diroot. Misalnya, smartphone Samsung Galaxy dengan beberapa aplikasi yang berhubungan dengan olahraga tennis yang tidak menarik bagi pengguna, hanya dengan melakukan root aplikasi itu bisa dihapus.


Advertisement

Di sisi lain, ada juga banyak aplikasi yang dibuat hanya untuk ponsel ‘rooten’ yang memungkinkan Anda memperlakukan ponsel anda seperti komputer, mengakses pengaturan mendalam sehingga Anda dapat men-tweak grafis ponsel Anda, CPU, dan pengaturan kinerja yang mempengaruhi lainnya.

Anda juga dapat men-download backup, ad-blocking, dan aplikasi keamanan. Ada aplikasi yang dapat mencegah aplikasi yang tidak Anda inginkan yang berjalan di latar belakang (background process), yang akan membantu membuat ponsel Anda lebih cepat. Aplikasi lain membantu Anda memperpanjang umur baterai. Kemungkinannya lainnya masih banyak lagi.

Kerugian atau kekurangan root android

Ada juga beberapa kerugian untuk rooting, meskipun manfaat yang jauh lebih besar. Dalam kebanyakan kasus, rooting akan membatalkan garansi, jadi itu adalah pilihan yang lebih baik jika Anda melewati masa garansi atau bersedia membayar kerusakan yang mungkin terjadi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, smartphone Anda bisa “brick”, tidak dapat melakukan rendering. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda mengikuti petunjuk rooting secara mendetail. Dalam kasus apapun, penting untuk membuat cadangan data ponsel Anda sebelum mencoba untuk mengoprek.

Akhirnya, ponsel Anda bisa rentan terhadap masalah keamanan, meskipun Anda dapat men-download aplikasi keamanan yang kuat yang dirancang untuk ponsel yang sudah diroot. Di sisi lain, Anda akan dapat men-download aplikasi di mana pengembang telah memblokir akses oleh ponsel berakar, biasanya untuk keamanan atau DRM (digital rights management) sangat lemah.

keuntungan dan kerugian root android

Apa pun yang Anda putuskan, penting untuk melakukan pengamatan terlebih dahulu dan memiliki rencana cadangan jika sesuatu berjalan tidak semestinya. Root itu simple bagi yang udah paham, bagi yang belum bisa dipelajari asalkan tidak takut resiko.

 

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: Agustus 16, 2015 — 1:05 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme