Apa itu WiMAX dan Bedanya dengan WiFi?

Advertisement

Ketika berbicara tentang jaringan nirkabel, Anda mungkin telah mendengar istilah WiMAX semakin digunakan sebagai teknologi yang akan menggantikan WiFi. Jika Anda ingin tahu tentang apa perbedaan antara dua ini, maka artikel ini dimaksudkan untuk benar-benar menjawab pertanyaan Anda.

wimax perbedaan wifi

WiMAX adalah singkatan dari “Worldwide Interoperability for Microwave Access” dan merupakan teknologi berbasis standar untuk menyediakan alternatif nirkabel untuk koneksi kabel dan DSL.

wimax bedanya dengan wifi

Namun ini juga salah satu penggunaan WiFi. Meskipun perangkat nirkabel WiFi terutama digunakan untuk koneksi nirkabel jarak pendek dari perangkat ke pengguna akhir seperti laptop, tablet dan smartphone, juga digunakan untuk situs-situs interkoneksi.

Sebelum saya menjelaskan perbedaan inti dari dua, pertama, mari lihat tabel di bawah ini yang memberikan beberapa perbedaan mendasar antara kedua standar nirkabel:

wimax vs wifi spesifikasi

Apa manfaat teknis utama WiMAX?

WiMAX bukan teknologi pengganti untuk WiFi, sedangkan WiFi adalah standar global de-facto untuk interkoneksi nirkabel dari perangkat sampai end-user, WiMAX telah ditangani kekurangan teknis tertentu dari WiFi untuk interkoneksi dari beberapa situs.

Advertisement

Kelemahan utama dari teknologi WiFi untuk koneksi point-to-multipoint bahwa itu adalah jenis connectionless protokol bernama CSMA / CA (Carrier sense multiple access with collision avoidance). Tanpa pergi ke rincian teknis yang mendalam, ini berarti bahwa dalam jaringan WiFi, semua perangkat dari jaringan berbagi kanal frekuensi yang sama, untuk mencegah tabrakan di transmisi data, masing-masing perangkat “listen” untuk memastikan tidak ada transmisi perangkat lain dan kemudian mengirimkan datanya. Tidak ada manajemen terpusat dalam jaringan. Sementara ini membuat setup jaringan yang sangat sederhana dan mudah (yang merupakan keuntungan untuk perangkat end-user), menjadi masalah dalam jaringan yang lebih besar terutama ketika jarak meningkat.

WiMAX telah membahas masalah ini dengan mengadopsi protokol sepenuhnya koneksi berbasis, yang menggunakan algoritma penjadwalan. Tidak seperti jaringan WiFi, di WiMAX Anda harus mendefinisikan dan setup setiap stasiun pelanggan (SS) pada base station termasuk menentukan bandwidth SS masing-masing yang harus diberikan. Dengan melakukan ini, base station tahu jumlah yang tepat dari stasiun pelanggan dan mengalokasikan slot waktu (Slot akses) untuk masing-masing. Protokol ini mensinkronisasikan transmisi data antara semua stasiun pada jaringan dan benar-benar menghilangkan masalah tabrakan dari jaringan WiFi. Hal ini memungkinkan koneksi yang efisien dan dapat diandalkan dari sebanyak 80 pelanggan di jaringan WiMAX dengan QoS dijamin (Quality of Service), sementara pada jaringan WiFi outdoor, menambahkan lebih dari 10 CPE akan menyebabkan kekurangan besar dengan kualitas layanan tak terduga.

Untuk memberikan contoh, WiFi seperti perempatan tanpa lampu lalu lintas di mana mobil harus memeriksa dan memastikan tidak ada orang lain yang melintasi sebelum bergerak, sedangkan WiMAX adalah ketika Anda diarahkan oleh polisi lalu lintas yang memberikan giliran kepada setiap mobil untuk jalan atau berhenti.

gambar wimax dan wifi

Kesimpulan

Wifi akan tetap banyak digunakan untuk koneksi nirkabel jarak pendek dari perangkat end-user. Sementara WiMAX merupakan solusi nirkabel efisien untuk koneksi jarak jauh dari beberapa situs seperti menyediakan koneksi internet ke beberapa rumah atau interkoneksi pada sebuah bangunan besar.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme