Handphone pintar saat ini telah digunakan oleh pengguna berusia remaja, kaum muda dan dewasa. Meskipun beberapa orang seperti orang tua lebih memilih menggunakan hp candybar seperti nokia lama karena lebih mudah menggunakannya dan fungsinya hanya untuk sms dan telpon saja.

Sedangkan pengguna smartphone, seharusnya bisa menjadi “smart people”. Dimana pengguna harus paham betul dengan fitur dan apa saja yang mesti diperhatikan. Bukan untuk sekedar gaya-gayaan saja. Wajar saja kalau orang kaya dan tidak memusingkan biaya untuk membeli paket internet.  Namun bagi beberapa orang yang mengeluh karena penggunaan internetnya yang boros. Sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan mengetahui aplikasi apa saja yang menyedot banyak data pada smartphone tersebut.

  1. Youtube dan aplikasi video lainnya. Sangat jelas konten video mengharuskan pemakai untuk mempunyai data yang boros. Sekedar untuk menonton lagu berdurasi 5 menit saja sudah membutuhkan data rata-rata sekitar 50 MB. Mungkin data tersebut akan lebih kecil jika menonton video kualitas rendah, namun untuk menonton kualitas HD bisa sampai ratusan Mega Byte koneksi internet. Misalnya membeli data dengan kuota 1 GB, mungkin hanya untuk nonton band kesayangannya di Youtube atau situs video lainnya dalam hitungan jam saja akan habis.
  2. Game Online. Hampir kebanyakan pengguna smartphone menginstal game online. Dalam satu jam permainan saja bisa menghabiskan data yang lumayan banyak. Sedangkan sebelumnya untuk menginstal langsung dari PlayStore membutuhkan data besar, apalagi game HD yang membutuhkan instalation setup dan data obb yang bisa mencapai 1 GB lebih.
  3. Download dan streaming musik. Seperti halnya nonton video di youtube, mungkin tak se boros data video. Mp3 yang didownload lebih kecil ukurannya. Namun kisaran tiap lagu sekitar 5-10 MB, belum ditambah data untuk searching lagu.
  4. aplikasi data internetPembaruan otomatis. Ini yang banyak dikeluhkan pengguna smarphone. Banyaknya aplikasi yang diinstall di hp semakin banyak beban data yang kemungkinan harus dimiliki untuk aplikasi selalu up-to-date. Untuk mengatasi borosnya data karena pembaruan otomatis yaitu dengan mensetting manual update di PlayStore (Android). Jadi ketika aplikasi membutuhkan pembaruan ia akan meminta konfirmasi terlebih dahulu. Atau set seperti gambar disamping akan update otomatis jika menggunakan koneksi wifi.

Untuk memantau kecepatan gunakan Network Monitor Mini, dan untuk memantau berapa data yang telah digunakan, bisa menginstal Watchdog di playstore.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice