Bagaimana Mengatur Android Anda Menjadi Ramah Anak

Saat televisi telah lama dipandang sebagai faktor yang membuat anak-anak meniru tingkah lagu para selebriti, kini sifat interaktif dari smartphone dan tablet juga benar-benar berpengaruh buruk. Akan tetapi, jika kita dapat mengatur ponsel Android dengan tepat, ini dapat membantu anak-anak kita maju saat digunakan dengan cara yang benar.

Hal ini penting untuk benar-benar membuat PC Samsung Galaxy S, Google Pixel, atau perangkat Android Anda yang lain memastikan saat Anda menyerahkan pada anak Anda, mereka seharusnya menggunakan aplikasi yang sesuai dan dibatasi hanya dengan apa yang dapat mereka lakukan dengan ponsel.

Masalah lainnya adalah menghindari tagihan kartu kredit yang tinggi dan tidak disangka karena akses tak terbatas ke toko Google Play, terutama di era digital pembelian dalam aplikasi.

Pasang Kunci pada Smartphone atau Tablet Anda

Langkah pertama untuk membuat perangkat Android Anda ramah anak dengan membuat kunci PIN atau kata kunci di dalamnya untuk memastikan sebelum menggunakannya. Tentunya, kata sandi seharusnya sesuatu yang tidak mudah ditebak oleh anak Anda.

  • Pertama, masuk ke aplikasi Setelan Android.
  • Gulir ke bawah untuk mengetuk Security dan kemudian Screen Lock.
  • Anda memiliki beberapa pilihan untuk mengunci perangkat Anda, namun PIN (yang merupakan passcode 4-digital) dan Password (kata kunci alfanumerik dengan panjang maksimal enam belas karakter) adalah dua pilihan teraman.
  • Anda akan diminta mengetikkan PIN atau kata sandi dua kali untuk menghindari kesalahan ketik.

Setelah Anda menyiapkan ini, Anda akan diminta memasukkan PIN kapan saja Anda mengaktifkan perangkat atau mencoba melakukan perubahan besar seperti mengganti kata sandinya.

Buat Pengguna Baru di Perangkat Anda

Langkah selanjutnya untuk membuat anak Anda menggunakan smartphone atau tablet adalah dengan membuatnya lebih ramah anak. Anda bisa melakukan ini dengan membuat akun pengguna khusus untuk anak-anak Anda. Jika Anda memiliki anak-anak dengan usia varian, Anda bahkan dapat membuat profil khusus untuk masing-masing usia yang sesuai.

  • Buka Pengaturan lagi jika Anda menutup aplikasi.
  • Gulir ke bawah dan sentuh Users.
  • Pilih Add User atau ‘tambahkan pengguna.’
  • Saat jendela dialog muncul, ketuk Profil Terbatas untuk membuat pengguna baru yang membatasi akses ke perangkat.

Ini akan membawa Anda ke layar khusus yang memungkinkan atau (yang lebih penting) melarang akses ke aplikasi tertentu pada perangkat. Secara default, Android akan melarang akses ke hampir semua hal termasuk browser Chrome dan kemampuan untuk menelusuri web melalui aplikasi Google. Anda harus melalui belokan akses ke aplikasi atau permainan apa pun yang Anda inginkan untuk digunakan oleh anak-anak Anda.

Ada beberapa pilihan dengan ikon roda gigi di sebelah kiri tombol on / off. Ini adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menyesuaikan konten dengan anak Anda. Hal ini umumnya dilakukan melalui setting berbasis usia.

Di Google Movies dan TV, Anda dapat membatasi akses ke sesuatu yang lebih riskan daripada peringkat standar. Misalnya, Anda dapat membatasi akses hanya ke PG-13 dan TV-13 dan yang lebih rendah. Pastikan untuk memasukkan batasan untuk film dan televisi. Anda juga ingin memastikan opsi “Allow unrated content” tidak dicentang.

Ingat: Anda dapat kembali ke setelan ini kapan saja dengan meluncurkan aplikasi Setelan, masuk ke Pengguna dan mengetuk ikon perkakas di samping profil pengguna baru. Jadi, jika Anda mendownload beberapa aplikasi atau game baru untuk anak Anda, Anda dapat mengizinkannya mengaksesnya.

Menyiapkan Pembatasan di Google Play

Anda juga dapat memilih untuk hanya membatasi unduhan dari Google Play Store. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat tablet Android atau smartphone untuk anak yang lebih tua. Pembatasan di toko Google Play meluas ke film, musik, buku, dan juga aplikasi.

  • Pertama, luncurkan aplikasi Google Play.
  • Saat berada di aplikasi, akses menu dengan menggeser jari Anda dari tepi kiri layar ke tengah layar. Ini harus memunculkan menu Google Play.
  • Di menu, pilih Settings (Pengaturan), gulir ke bawah dan sentuh Parental controls.
  • Pertama-tama Anda harus mengaktifkan parental control. Ini akan memerlukan memasukkan kode akses 4 digit. Ini bisa sama dengan PIN untuk membuka kunci perangkat.
  • Setelah parental control dihidupkan, Anda dapat mengunjungi setiap bagian untuk memungkinkan pembatasan. Untuk Buku dan Musik, satu-satunya pilihan adalah membatasi konten khusus dewasa. Aplikasi, Game, Film, dan TV menggunakan batasan usia standar.

Perlu Diketahui: Pembatasan ini hanya berlaku untuk aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Jika Anda telah memasang aplikasi pada perangkat, setelan ini tidak akan membatasi akses ke perangkat.

Aplikasi Terbaik Android untuk anak Anda

Menyiapkan pengguna baru adalah cara yang baik untuk membuat perangkat menjadi ramah anak, ada beberapa aplikasi yang juga bisa diakali. Aplikasi ini membantu membatasi aplikasi mana yang sesuai dengan anak Anda, dapat membatasi waktu mereka pada perangkat dan bahkan dapat membatasi situs web.

  • Applock. Yang satu ini memungkinkan Anda mengunci hampir semua hal di ponsel atau tablet Anda, termasuk panggilan telepon. Anda dapat mengunci aplikasi, foto, Google Play, dll.
  • Kids Place Parental Control. Applock sangat bagus jika Anda ingin ramah anak yang lebih tua dari beberapa aplikasi sensitif Anda, namun jika Anda memiliki anak balita, TK atau SD, Kids Place adalah pilihan yang lebih baik. Anda dapat membatasi layar hanya pada aplikasi yang diizinkan untuk membuka atau bahkan menguncinya di aplikasi.
  • Screen Time Parental Control. Jika Anda terutama tertarik untuk membatasi jumlah waktu anak Anda pada perangkat, Screen Time Parental Control adalah aplikasi yang disarankan untuk diunduh.
  • McAfee Safe Family. Adalah pilihan all-in-one yang hebat yang mencakup banyak fitur yang ditemukan di aplikasi lain dan hal-hal hebat seperti membatasi situs web. Ini tidak sebagus Applock atau KidsPlace, tapi jika Anda menginginkan satu aplikasi untuk melakukan semua jenis untuk anak Anda, ini adalah pilihan yang tepat.

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post