Bahan Lensa Kacamata yang Baik

Bagikan jika Anda suka

Untuk kebanyakan orang, menggunakan lensa plastik ( konvensional ) adalah bahan lensa yang terbaik. Sedangkan lensa dengan bahan Polycarbonate yang sangat kuat dan tahan bentur, sangat dianjurkan untuk anak-anak dan orang dewasa yang beraktifitas aktif.

Polikarbonat ( polycarbonate ) adalah suatu kelompok polimer termoplastik, mudah dibentuk dengan menggunakan panas. Plastik jenis ini digunakan secara luas dalam industri kimia saat ini. Plastik ini memiliki banyak keunggulan, yaitu ketahanan termal dibandingkan dengan plastik jenis lain, tahan terhadap benturan, dan sangat bening. Dalam identifikasi plastik, polikarbonat berada pada nomor 7

Selengkapnya di http://id.wikipedia.org/wiki/Polikarbonat

Secara umum, jika resep kacamata Anda ukuran spherisnya + / -2.25 atau lebih rendah, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari lensa berjenis “tipis”. Lensa Plastik standar atau lensa Polycarbonate lebih cocok untuk Anda. Jika resep kacamata anda ukuran spherisnya lebih tinggi dari + / -2.25, Anda akan mendapatkan keuntungan dari pilihan jenis lensa yang “tipis”.

Lensa tipis memiliki tiga keuntungan:

  1. Tidak kelihatan “tebal”
  2. Tidak membesarkan atau mengecilkan mata anda ketika dilihat oleh orang lain
  3. Bahan lebih ringan.

Secara umum, semakin tipis dan ringan lensa, harganya akan semakin mahal. “Nilai Indeks Tinggi” maksudnya adalah bahan lensanya yang “tipis”, sedangkan “Aspheric” maksudnya adalah desain lensanya yang “tipis”.

Lensa Polycarbonate dapat dibeli dengan desain “aspheric”, dimana memberikan keunggulan kepada lensa polycarbonate menjadi lensa berdesain Aspheris yang tipis dan ringan. Tingkat ketipisan indeks lensa ditandai dengan “indeks bias” (IR). Indeks menengah biasanya sekitar 1.56, indeks tinggi adalah sekitar 1.60, dan indeks ultra-tinggi lensa adalah 1.67 dan 1.74.

lensa kacamata

Setelah Anda memilih bahan lensa kacamata terbaik sesuai kebutuhan Anda, Anda dapat memilih fitur – fitur lainnya antara lain, seperti photochromic, lapisan tahan gores, lapisan anti pantul dan lapisan perlindungan UV (lapisan dengan perlindungan UV selalu ada dalam lensa dengan indeks tinggi dan lensa polycarbonate). Jika anda ingin kacamata hitam, ada tambahan pilihan seperti pilihan warna, photopolarize,polarized, dan mirror coatings.

Referensi : harisha.com, wikipedia

source image : K-mars Optical

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.