Bahasa Indonesia Akan Menjadi Bahasa Internasional, Mungkinkah?

Advertisement

Bahasa Indonesia mungkin saat ini menjadi bahasa yang mulai dikenal banyak negara. Namun untuk berbicara soal Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa internasional, mungkinkah? masih terlalu jauh.

bahasa indonesia internasional

Bahasa dan budaya saling terkait, dan Indonesia saat ini tidak hanya memiliki pengaruh yang cukup signifikan pada pertukaran budaya Asia Tenggara saja. Namun lebih luas lagi ke Asia Timur, Oceania (Australia, saya sedang melihat Anda!) Dan Belanda.

Indonesia tidak memiliki pengaruh yang cukup dalam hubungan internasional untuk orang-orang di negara lain di dunia (selain dari orang-orang khusus yang tertarik di Indonesia, atau bahasa secara umum) untuk peduli bahasa Indonesia, pada dasarnya tidak cukup kuat dari ekonomi, militer, dan perspektif teknologi.

Indonesia juga tidak “cukup terkenal” di panggung internasional. Singapura yang lebih kecil dari ibukota Indonesia, Jakarta jauh lebih terkenal dari Indonesia. Sama halnya dengan Thailand, Vietnam, dan Filipina, serta Malaysia. Pada dasarnya, Indonesia tidak memiliki banyak teman, dan kerabat tidak diketahui. Jadi belum begitu terlihat dari masyarakat internasional tentang bahasa Indonesia dalam waktu dekat.


Advertisement

Namun, memang benar bahwa Indonesia terus berkembang, dan telah mendapat pengakuan, dengan salah satu alasan yang fakta bahwa Barack Obama menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya di Indonesia.

Indonesia memiliki ini kecenderungan untuk membuat ‘keributan’ di Twitter dan membuat Trending Topics dengan isu-isu terkait yang baik yang pentin, tidak begitu penting, dan bahkan tidak penting sama-sekali. Ini menunjukkan bahwa media juga memberikan tempat bagi masyarakat indonesia untuk menunjukkan bahasa Indonesia.

Pada catatan yang lebih positif, Indonesia memiliki potensi dalam perfilm-an, sebagai contoh The Raid, yang merupakan film action Indonesia dan telah menerima sejumlah besar ulasan positif, bahkan memenangkan beberapa penghargaan di acara-acara internasional (The Raid: Redemption)! yang dilanjutkan pada film-film lain yang go international.

Jika hal-hal positif terus dijaga, bisa diprediksikan bahwa Indonesia akan menjadi lebih dicatat disegani dalam masyarakat internasional, dan mungkin menggunakan momentum itu untuk mengekspor budaya, seperti yang sudah dilakukan oleh Jepang dan Korea Selatan.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme