Bahaya Ngopi Saat Puasa

Advertisement

Buat kalian nih yang suka ngopi. Kita udah tahu kalau ngopi sangat nikmat buat disrutup di pagi hari dan malam hari. Namun ketika bulan Ramadhan tiba, nampaknya penggila kopi harus mulai memperhatikan bahaya ngopi saat puasa.

Nha apa saja bahaya ngopi saat bulan puasa? yang pasti bahaya utamanya adalah batal puasa kalau diminum di pagi atau siang bolong, oops, bukan itu gan, efek yang ditimbulkan berbagai macam kalau diminumnya tidak memperhatikan beberapa aspek. Ayo kita simak aja ulasan berikut :

1. Kopi tidak baik untuk diminum saat berbuka puasa.

mbak cantik lagi ngopi

Ngopi dan ngeteh sebenarnya tidak dianjurkan karena kadar kafein di dalamnya, kedua minuman faforit ini bisa mempertinggi tingkat pengeluaran kemih dan menambah rasa haus.

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc juga bilang kalau kafein akan memancing pengeluaran urin lebih banyak dibandingkan air putih.

“Jika air yang diminum misalnya keluar 2.400 cc, itu harus diganti setidaknya 2.000 cc. Tapi kafein akan membuat urin keluar sebanyak 3.000 cc,” kata Saptawati, ditulis Kamis (25/6/2014).

Jadi setelah meminum kopi pas buka puasa, kalian bakal lebih punya keinginan untuk kencing. Sementara selama berpuasa di siang hari kekurangan cairan, ente hajar lagi dengan minum kopi saat berbuka, ntar malamnya bukannya tubuh nyaman tapi terasa lemas karena kehabisan cairan.

2. Perlu ada batasan berapa gelas kopi.

batasan ngopi sehari puasa ramadhan

Bukan berarti dengan masuknya bulan puasa kalian jadi nggak boleh minum kopi sama sekali. Boleh saja, siapa yang ngelarang, tapi alangkah baiknya kalau jumlah ngopinya dibatasi.

Batas kafein yang aman buat diminum sekitar 300 miligram per hari saja guys. Kalau secangkir kopi rata-rata punya kandungan kafein 100 mg, so cukup satu, dua dan maksimal 3 gelas, kalau bisa joinan aja sama sahabat or sodara biar tetep akrab dan mengurangi resiko terlalu banyak kafein.

3. Perhatikan waktu ngopi

Advertisement

waktu ngopi ramadhan sahur

Takaran kopi sudah kalian tahu, sekarang saatnya menentukan kapan waktu yang baik buat ngopi di bulan Ramadhan.

Disarankan lebih dari dua jam setelah berbuka, terkait soal kesehatan yang saya tulis diawal. Cocoknya ya pas habis sholat tarawih, nikmat banget kan guys, admin juga gitu, nih sambil nulis post disamping juga ada secangkir kopi.

Saya yakin penggila kopi yang baca ini tidak begitu ngaruh soal ‘kopi menyebabkan susah tidur’, bagi saya sendiri ‘kopi is not ngaruh maneh’, kalau udah ngantuk, ya ngatuk aja, bahkan saya sebelum tidur juga ngopi dulu. Jadi kapan kalian pengen ngopi, ya udah ngopi aja di waktu habis sholat taraweh sampai jam 12 malem.

Kalau masih pengen ngopi lagi, bisa, pas habis sahur. Tapi perlu diperhatikan lagi, setelah makan sahur, pastikan satu gelas air putih sudah kalian minum dulu. Baru minum kopi sambil ‘nyepur’, tau lah…

Dan sebelum imsak, minum lagi satu gelas air putih supaya lambung ente tidak perih dan puasanya lancar.

4. Hindari kafein lainnya

Selain kopi, banyak makanan dan minuman lainnya yang mengandung kafein. Diantaranya cokelat, soda dan teh.

Kalau udah minum kopi, ya udah ngopi aja, jangan ngopi sambil makan coklat, nggak baik. Apalagi ngopi trus langsung ngeteh, bentrok dah perut.

Coffeeman Superhero

Coffeeman Superhero

Itu saja guys sepertinya yang saya tulis kali ini, kayaknya judul Bahaya Ngopi Saat Puasa kurang tepat, karena saya nggak ngasih contoh bahaya, n im sure, pasti sudah kalian tahu sendiri. Apalagi saya sudah menuliskan di postingan sebelumnya. Tapi ya sudahlah… udah terlanjur selamat ngopi aja di bulan Ramadhan. (hrz)

Advertisement

Info Terkait

Updated: Juni 7, 2016 — 2:32 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme