Banyak Ngopi, Banyak Inspirasi, Dan Banyak “sedulur”

Bagikan jika Anda suka

Sebelumnya, Maaf kalau postingan ini agak lebay dan terdapat curcol didalamnya.

Minuman yang sangat biasa… dan nampak tidak ada yang spesial di bandingkan minuman yang penuh dengan campuran seperti : diatas gelas diselipkan jeruk nipis, minuman soda gembira yang tidak menjanjikan sebuah kegembiraan, minuman jus buah untuk diet, atau wedang ronde yang penjualnya bilang minuman hangat sehangat kasih sayang, Kopi hitam tidak ada tandingannya dan banyak cerita di balik minuman legendaris yang memberikan banyak inspirasi ini.

Cukup 2 atau 3 ribu saja untuk segelas kopi hitam, dan jika ingin berada di kelas yang lebih tinggi, 40 ribu dengan sebuah prestis duduk di tempat yang ‘cool’ di starbuck. Atau boleh sesekali menimati kopi asli luwak yang harganya paling murah 200 ribu per cangkir. Manapun yang dipilih, kopi tetap minuman yang terbaik.

Entah mengapa admin tiba-tiba ingin posting tanpa sebuah rencana, mungkin ini adalah salah satu bagian dari hidup saya yang ingin saya bagikan. Dengan topik “kopi”.

Manfaat kopi dilihat dari aspek sosial sesuai pengalaman  :

Dengan banyak ngopi mendapat banyak “sedulur”, jika sebelumnya tak kenal, namun lama-kelamaan akibat ngopi dan nongkrong di tempat yang sama… kita lebih dari 4 orang terkadang hanya membuat satu gelas kopi untuk beramai-ramai, sungguh kebahagian yang jarang sekali ditemukan.

Saya masih inget saat itu kita punya peraturan gak boleh maen gadget, padahal kita semua sebenarnya bisa dibilang “maniak gadget” artikelnya ada disini : Nongkrong Tapi Sibuk Ngurusin hp.

Obrolan mulai dari hal kecil seperti cara mengempak udud yang benar sampai cara ekstrem ngintip kamar kost tetangga, Mulai dari guyonan kecil sampai hal yang paling tidak serius sama sekali, dan terkadang skala ngakak lebih dari 80dB pada waktu dinihari.

Tidak hanya sekedar teman, orang yang spesial pun awalnya dari kopi juga. Waktu itu hujan turun, karena tidak ada hujan naik. Saya terpojok dalam sebuah kost, dan ditempat tersebut ada wanita yang cantik sedang minum kopi. Reflek, saya pun bilang “gileeeee doyan ngopi juga neng”? dia bilang “Iseng aja kok mas”… nih ada satu lagi, mas mau? satu bulan kemudian happy ending, namun tak perlu di bahas beberapa bulan kemudian. Karena cerita saya harus minum kopi yang paling pahit, tidak seperti kisah pada FTV Selalu Happy Ending hahaha

Dapat Kerjaan dari Ngopi, yang ini sudah agak lama, pas dulu masing lontang-lantung, yang bisa saya lakukan adalah bikin kopi, nha pada saat itu ada teman, dia selain “teman perokok berat”, di juga “perokok memberatkan teman”. Inisial huruf depan : A, dan inisial huruf belakang : NDIK. Kita gabungkan saja inisialnya agar mudah disebut : Andik.

Awalnya Andik datang ke rumah saya, karena melihat kopi yang menggiurkan, ditambah lagi ada sebungkus udud hasil saya membetulkan komputer tetangga saat itu. Kopi pun join, udud pun juga…

Dia bilang kopimu mantab sekali, bikinnya gimana? langsung saya kasih Rahasia Bikin Segelas Kopi Hitam Beraroma Nikmat. Dan tak disangka-sangka, akhirnya dia menawari saya sebuah informasi pekerjaan padahal ia sendiri sedang nganggur.

Alasan klasik, dia tak bisa memenuhi kualifikasi. Dan akhirnya dengan senang dan sedih saya pun dapat pekerjaan saat itu. Begitulah awal dari ngopi yang nikmat.

Dengan ngopi akan terlihat bijaksana, waktu itu saya sedang sendiri di warung, kebanyakan orang beli es, karena kondisi jakarta yang sangat panas. Saya tetap ngopi, kita nggak ada yang kenal satu sama lain. Tiba-tiba ada sebuah obrolan kecil terkait berita di tivi.

Satu persatu saling memberikan opini, namun hanya saya yang mendapatkan apresiasi lebih, ya kemungkinan karena saat itu saya minumnya kopi, namun bukan jaminan 100%. Karena saat itu hanya saya terlihat dewasa, sedangkan yang jualan adalah nenek-nenek tua dan yang jajan es tadi masih pakai seragam merah putih. Ooops.

Kopi adalah salah satu jalan penglaris dagangan, jika yang lain dengan datang ke orang pintar yang tidak minum tolak angin. Saya sediakan segelas kopi, akhirnya tanpa banyak trik and intrik didalamnya… rata-rata calon konsumen mau beli barang dagangan saya meskipun sudah saya jelaskan, saya nggak jual barang murah. Namun yang satu ini tetap pada kuasa Allah SWT.

Sementara itu dulu manfaat sosial dari minum ngopi, soalnya batterai laptop saya mau abis…

 

 

Tinggalkan komentar