Beberapa Sikap yang Perlu Diperhatikan Saat di Korea Selatan

Advertisement

Saat Anda berkunjung ke Korea Selatan, ada kebiasaan masyarakat setempat yang berbeda dengan adat yang ada di Indonesia. Sebagai contoh, ketika Anda berkunjung sebuah tempat makan atau kedai minuman, biasanya akan ada saja seseorang yang menawarkan kebaikan untuk membayar tagihan makanan atau minuman yang Anda pesan. Biasanya pula, seseorang ini akan mengajak Anda untuk melanjutkan acara makan-makan atau minum-minum ronde kedua.

Sebaiknya, Anda menerima tawarannya dan mengikuti ajakannya. Sebabnya, akan menjadi kurang sopan apabila Anda menolaknya. Di sini, Anda harus siap-siap untuk membalas kebaikan orang itu dengan membayarkan tagihan makanan atau minuman yang ia pesan pada babak kedua ini.

Tidak hanya itu, beberapa sikap yang sebaiknya dihindari pada moment berikut ini :

Berbicara Keras di Transportasi Umum

Beberapa Sikap yang Perlu Diperhatikan Saat di Korea Selatan

Saat Anda menumpang moda transportasi umum, terutama bus atau subway, jagalah baik-baik sikap Anda, termasuk volume suara saat berbicara. Bagi masyarakat Korea Selatan, berbicara dengan volume suara kencang tidak sopan, bahkan kejam. Kenapa? Karena berbicara dengan suara kencang mengganggu ketenangan dan kenyamanan. Mereka tak akan segan meminta Anda segera turun dari alat transportasi umum.

Beradab di Meja Makan

Advertisement

Memulai makan dan beranjak dari tempat makan lebih dulu daripada orang lain mungkin tidak menjadi masalah bagi kita. Namun, di Korea Selatan, hal itu dianggap tidak sopan, terlebih jika ada orang yang usianya lebih tua dari kita. Kita dinilai tidak menghormati orang yang lebih tua. Jadi, saat Anda berada di Korea Selatan, usahakan Anda mempersilakan orang yang lebih tua untuk memulai makan lebih dulu. Setelah ia selesai makan, barulah Anda pamit untuk beranjak dari tempat makan.

Gunakan Sebelah Tangan

Saat Anda memberi atau menerima sesuatu, termasuk saat berjabat tangan, sebaiknya gunakan kedua tangan Anda. Jangan menggunakan hanya sebelah tangan saja karena itu dinilai tidak menghormati orang lain.

Tawaran dari Orang yang Lebih Tua

Saat ada seseorang yang usianya lebih tua dari Anda menawarkan minuman, tindakan terbaik yang harus diambil adalah menerimanya, meski minuman itu kurang Anda sukai. Atau, bahkan Anda tidak terbiasa meminumnya. Terima saja dulu pemberiannya sebagai bentuk penghargaan. Selanjutnya, Anda bisa mengganti minuman tersebut dengan minuman lain sesuai selera Anda.

Pundak dan Punggung Terlihat

Di Korea Selatan, memperlihatkan bagian tubuh, terutama pundak dan punggung, masih menjadi hal tabu. Wanita dengan pakaian model pundak atau punggung terbuka, dianggap wanita yang tidak baik. Sebaliknya, jika wanita mengenakan pakaian rok mini atau celana pendek, hal itu justru dinilai wajar dan dianggap sebagai bagian dari tren mode pakaian.

Menancapkan Sumpit pada Nasi

Jangan sekali-sekali menancapkan sumpit dengan posisi tegak berdiri pada nasi. Masyarakat Korea Selatan akan menganggap Anda tengah berbuat hal yang tidak pantas, yaitu membuat lelucon mengenai kematian. Bagi masyarakat Korea Selatan, sumpit yang ditancapkan pada nasi dengan posisi tegak berdiri, ibarat batu nisan yang tertancap pada gundukan tanah kuburan, atau dupa yang ditancapkan pada tanah kuburan saat berdoa di pemakaman.

Sumber : Luciana/Tempo

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme