Dalam menjual suatu produk atau jasa, kita akan menemukan berbagai macam tipe pembeli. Terkdang ketika ingin menawarkan barang kepada mereka, ada yang langsung membeli dan ada juga  yang hanya melihat-lihat barang apa yang kita tawarkan.

Sebelum menawarkan kepada mereka, pastikan dahulu tipe seperti apa yang akan menjadi calon pembeli. Berikut ada 3 macam tipe pembeli :

  • cuekApatis : Tipe ini adalah jenis orang yang tidak akan pernah membeli apapun, tidak peduli sebagus apapun produk kita, seberapa murah, cenderung sinis, negatif, aneh dan tidak tertarik. Mereka ini biasanya orang punya banyak masalah pribadi sehingga tidak tertarik dengan penawaran kita. Jadi tidak perlu buang waktu terlalu lama dengan tipe ini namun tetap berlaku sopan.

 

  • bossPembeli Aktualisasi diri Ini adalah kebalikan dari tipe apatis, pembeli aktualisasi diri mengetahui dengan jelas apa yang ia inginkan, fitur dan manfaat yang ia cari serta jumlah uang yang bersedia ia keluarkan untuk membeli. Jika anda mempunyai apa yang mereka inginkan maka mereka dapat langsung membelinya, saat itu juga tanpa banyak pertanyaan. Tipe ini sangat positif, menyenangkan, dan mudah diajak berurusan. Yang anda harus lakukan membawa produk atau jasa yang dibutuhkannya dan penjualan akan terjadi. Namun tipe pembeli seperti agak jarang ditemui.

 

  • analitikPembeli Analitis Tipe ini sangat detail dan penuh pertimbangan serta cenderung agak cerewet. Dalam menghadapi tipe pembeli seperti ini butuh kesabaran karena mereka akan banyak bertanya untuk mengumpulkan data dan informasi yang lengkap sebagai sarana pengambilan keputusan. Mereka akan bersikap teliti dan membandingkan dengan produk atau jasa yang lain. Hadapi tipe ini dengan persiapan informasi berupa fakta, grafik, brosur, dsb. Jangan coba melebih- lebihkan karena mereka akan tahu dan akan minta bukti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice