Berolah Raga Skipping Menguatkan Kerja Jantung

Advertisement

Berolah raga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan. Dengan melakukan olah raga skipping, atau yang kita kenal dengan ‘lompat tali’ ternyata cukup efektif untuk menguatkan kerja jantung. Skipping dapat membantu program diet dalam menurunkan berat badan juga menurunkan tekanan darah.

Lompat tali dapat melatih otot, meningkatkan kebugaran dan stamina tubuh. Dan manfaat lainnya yang didapat adalah dapat menguatkan tulang serta menurunkan resiko osteoporosis. Sebuah riset oleh Osteoporosis Society di Inggris, skipping jika rutin dilakukan dapat memperkecil resiko pengeroposan tulang. Paling tidak melakukan dua sampai lima menit setiap harinya.

Sementara untuk meningkatkan kinerja jantung menjadi lebih kuat, lompat tali bisa dilakukan selama 10 menit ditambah jalan santai. Cara melakukan skipping yang benar adalah berikut ini :

Advertisement

olah raga skipping

  • Berdiri tegak dan kedua tangan memegang masing-masing ujung tali.
  • Posisi awal tali berada di belakang
  • Mulai mengayunkan tali dari bawah-belakang ke arah atas-depan
  • Lakukan sampai 30 repetisi, jika tidak kuat, jangan dipaksakan, karena mungkin tubuh belum menyesuaikan.

Jika sudah, istirahat selama 30 menit. Lanjut ke langkah berikutnya. Jika tadi tali berada di belakang, saatnya taruh di depan, ayunkan berlawanan arah dari sebelumnya, juga sebanyak 30 repetisi. Lakukan sebanyak 4 sampai 8 set.

Ayo sehat 🙂

Advertisement

Info Terkait

Updated: Juli 24, 2016 — 2:33 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme