Biaya Untuk Membuat Toko Online Unlimited Bandwidth

Bagikan jika Anda suka

Toko online semakin menjanjikan untuk menjual produk yang anda miliki. Banyak yang menawarkan toko online dengan harga murah. Namun perlu diperhatikan lagi perincian untuk membuat toko online untuk kedepannya.

Saya ambil contoh saja, ada sebuah layanan dimana harga cukup murah dan online shop dibuat secara instant. Artinya sekali pesan dengan biaya yang cukup murah sekitar 100-200 ribuan anda siap memakai toko online tersebut. Namun dalam hitungan beberapa bulan situs yang dibuat tadi sudah tak bisa dikunjungi lagi karena ada beberapa hal yang mungkin tidak diberikan keterangan mendetail.

Biaya untuk membuat toko online secara mandiri standarnya sekitar 300 ribu. 100 ribu untuk pembelian domain dan 200 ribu untuk space hosting. Dengan mempertimbangkan beberapa hal penting seperti kuota yang cukup memadai untuk mengisi sebuah gambar, foto, atau sample lainnya. Paling tidak 1 GB hosting itu cukup untuk 1000 item produk anda. Jika anda memiliki lebih banyak lagi item, otomatis anda akan memilih 2 GB atau lebih.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah bandwidth. Bandwidth adalah batas penggunaan trafik pada suatu website. Maka sebelum anda memesan sebuah hosting sebaiknya anda memilih hosting yang menyediakan bandwidth unlimited. Bayangkan saja ketika pengunjung anda sedang ramai-ramainya, namun bandwidth dibatasi misalnya 1 GB, dalam beberapa bulan saja situs anda tidak bisa di akses dan mau tak mau harus menambah biaya lagi untuk upgrade /migrasi hosting.

Dengan modal 300 ribu tersebut untuk membuat toko online bisa dibuat dalam waktu 1 minggu, dengan catatan anda sudah menguasai koding seperti php, mysql, html, css, dan banyak lainnya dalam sebuah kerangka website.
membuat toko online

Jika anda belum mengusai coding, anda bisa belajar dengan sejuta tutorial yang ada di internet. Yang pasti butuh kesabaran ekstra. Alternatif lainnya adalah dengan memesan kepada web designer.

Ongkos untuk membuat toko online tergantung pada sebuah kesepakatan. Ada yang membuatkan sekali jadi langsung lepas, ada juga yang mau memberikan layanan after sales yang artinya setelah toko online tersebut dibuat, anda akan diberi arahan, konsultasi, dan maintenance web sewaktu-waktu diperlukan.