Bikin Kopi Dingin yang Enak Ala Jepang

Advertisement

Jangan diartikan dulu kopi dingin yang biasa digunakan oleh orang yang ada dijalanan, “ley… ayo ley.. ngopi dingin dulu biar aseek”, tahu kan maksudnya?

Yang ini memang kopi beneran, kopi yang biasa kita minum dengan air panas, namun kali ini disajikan dengan air yang dingin ditambahkan es.

Jika sebelumnya mungkin Anda sering mendengar atau bahkan sudah meminum es kopi dalam kemasan bubuk instant “Good-dal” yang banyak di toko-toko, bisa saja mengalami sakit perut.

Untuk itu, ada resep bikin kopi dingin ala Jepang yang bisa anda simak tips berikut ini :

Sebaiknya Anda menggunakan teko dari kaca bening. Ini karena Anda bisa melihat proses pencampuran kopi, apakah sudah sempurna atau belum. Masukkan bahan kopi, gula serta krim bersamaan sesuai selera. Lalu, tambahkan air panas secukupnya.

Setelah semua proses selesai, tunggulah sampai kopi benar-benar dingin. Lalu masukkan ke dalam kulkas.

Advertisement

Campurkan kopi tadi dengan es batu. Ada beberapa gaya dalam meminum es kopi seperti Jepang, Vietnam dan Thailand. Salah satu bedanya ada pada komposisi air dan penggunaan es batu.

Es kopi ala Jepang menggantikan sebagian air untuk menyeduh dengan es batu. Hasil akhirnya, es kopi lebih kental dan tidak terlalu encer. Sedangkan gaya Thailand beda lagi. Cara membuatnya sama seperti es kopi biasa. Hanya ditambahkan susu kental manis, whiped cream, kayu manis serta kapulaga.

es kopi dingin

Atau bisa juga Anda coba es kopi bergaya Vietnam. Bedanya hanya pada penggunaan biji kopi saja. Es kopi dari negara yang dipimpin Truon Tan Sang ini menggunakan biji robusta yang dipanggang.

Semoga tips hari ini berguna bagi Anda. Selamat mencoba!

Advertisement

Info Terkait

Updated: Maret 15, 2015 — 2:46 am
Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme