Bisnis Tanpa Modal Hanya dengan Speak Up!

Apa sih didunia ini yang tidak mungkin, segalanya akan kita dapatkan jika kita benar-benar berusaha. Namun jangan terlalu tergiur dengan iklan-iklan yang mengatakan tak perlu modal besar untuk meraup 40 juta pebulan hanya dengan membeli ebook mereka.

Dalam segala bisnis, semua sudah pasti membutuhkan yang namanya modal. Akan tetapi jika kita belum punya modal sama sekali, kita bisa melatih verbal dalam berbicara. Tidak hanya sekedar speak up, perlu juga memperhatikan aspek bahasa agar bisa diterima dengan baik dan bisa dipercaya.

speak

  1. Percaya pada diri sendiri terlebih dahulu. Segala sesuatu yang direncanakan akan mendapatkan hambatan apabila self-confident kita kurang
  2. Bergaul dengan orang-orang yang telah berpengalaman dalam berbisnis. Misalnya mengobrol di warung kopi untuk mendapat wawasan yang lebih luas, dan jangan malu-malu untuk bertanya bagaimana perjuangan mereka dalam berbisnis. Namun ketika menanyakan ide bisnis mereka jangan seakan-akan sedang menginterogasi mereka, namun bicaralah santai sambil memuji prestasi mereka.
  3. Apabila sudah mendapatkan ide bisnis cemerlang, namun modal kurang kita perlu mendatangi calon pemodal. Caranya kita menawarkan kerja sama, saya tekankan lagi disini “menawarkan kerjasama”. Jangan “meminta kerjasama”, kedua kata-kata tadi terdengar mirip akan tetapi negosiator handal kedua hal tersebut sangat jauh berbeda.
  4. Yang paling penting adalah kepercayaan, apakah anda termasuk orang yang dapat dipercaya? Jika ya pasti anda sedang berada pada jalur menuju sukses.
Bagikan jika Anda suka

Tinggalkan komentar