Burung Kolibri Tubuh Mungil tapi Bisa Terbang Ribuan KM

Advertisement

Hummingbird (burung kolibri berparuh panjang). Para ilmuwan telah mendokumentasikan perilaku burung dengan ukuran yang terbilang kecil ini, bermigrasi ke selatan menuju Amerika Tengah dan Kuba.

burung kolibri terbang jauh

Masih banyak misteri, bagaimana burung-burung melakukan migrasi panjang melalui Meksiko. Apakah mereka mengambil jalan pintas melintasi Teluk Meksiko?

Ternyata burung kolibri bisa dengan mudah mengambil jalan pintas, meskipun mereka tidak perlu istirahat ditengah perjalanan. Berdasarkan analisis dari bentuk sayap, ukuran tubuh dan cadangan lemak, beberapa burung kecil bisa terbang lebih dari 2.000 kilometer dengan arah angin yang tepat. Itu lebih dari cukup untuk terbang 1.000 kilometer di Teluk, peneliti melaporkan 9 Maret 2016 melalui The Auk.

Theodore Zenzal Jr dan Frank Moore dari University of Southern Mississippi di Hattiesburg mempelajari burung kolibri jenis ruby-throated di National Wildlife Refuge Bon Secour di Alabama, salah satu tempat sebagai perhentian burung. Dari 2010 sampai 2014, mereka menangkap burung di pengungsian selama akhir musim panas dan awal musim gugur. Burung ditimbang, diukur, ditandai dan dilepas lagi.

Advertisement

Zenzal dan Moore menemukan bahwa burung yang lebih tua cenderung tiba di pengungsian sebelumnya dan tinggal untuk waktu yang lebih pendek daripada burung muda. Mereka juga memiliki lebih banyak lemak yang mendukung sebuah perjalanan panjang, dan pejantan yang lebih tua memiliki ketahan paling kuat. Berdasarkan beban bahan bakar ini, burung bisa terbang rata-rata selama 2.260 kilometer tanpa berhenti untuk makanan.

Meskipun sebatas rata-rata, beberapa burung yang sangat kurus tiba di tempat perlindungan, dan memiliki cukup lemak untuk hanya perjalanan singkat kurang dari 20 kilometer. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa beberapa Kolibri terjebak di dalam pengungsian selama beberapa minggu. Burung yang kurus tersebut mungkin butuh istirahat sebelum lepas landas lagi. burung lain yang memiliki banyak lemak, cukup untuk menjelajah lebih dari 4.000 kilometer.

Para peneliti mencatat bahwa ukuran kecil Kolibri ‘sebenarnya menjadi keuntungan ketika terbang jarak jauh. Burung-burung ini sangat efisien dalam menyimpan tenaga, dan dengan tubuh mungilnya berarti bahwa mereka dapat membawa persentase lebih besar.

“Tapi, hanya karena Kolibri mungkin mampu mengambil jalan pintas melintasi air, bukan berarti burung tersebut benar-benar bisa melakukan kapan saja. Pola cuaca yang kurang menguntungkan selama perjalanan tersebut sampai akhir musim gugur,” Zenzal dan Moore mengatakan “Jadi mungkin lebih masuk akal, terutama burung yang masih muda, untuk mengambil jalan memutar karena ada kesempatan untuk pit stop yang dibutuhkan.”

(Adt/ref:ScienceNews)

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme