Cacing Lemas dan Hubungannya dengan Gempa Bumi

Advertisement

Baru-baru ini warga digemparkan oleh fenomena munculnya caci yang lemas di beberapa daerah selalu dihubung-hubungkan sebagai tanda akan datangnya gempa bumi.

Beberapa orang menganggap keluarnya cacing dari tanah disebabkan oleh panasnya bumi yang tidak biasa. Dan jika bumi semakin panas mengindikasikan bahwa akan datang bencana seperti gempa bumi bahkan sebagai tanda kiamat sudah dekat.

Lantas bagaimana tanggapan pakar soal keberadaan cacing lemas ini?

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa fenomena langka dengan keluarnya cacing secara fluktuatif di kabupaten Bantul Yogyakarta dan beberapa kota lainnya tidak ada hubungannya dengan gempa bumi.

Keluarnya cacing dari tanah diakibatkan karena cuaca ekstrem secara tiba-tiba di daerah tersebut. Kemungkinan keluarnya cacing karena selama dua hari berturut-turut tidak turun hujan sama sekali. Dan beberapa hari kemudian turun hujan yang cukup lebat, “kondisi ini yang memungkinkan cacing keluar” Kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami (PGBT) BMKG Mochammad Riyadi.

Advertisement

cacing lemas keluar dari tanah

Fenomena tersebut bukanlah merupakan kejadian yang luar biasa dan masih dalam batas wajar. Ia juga menambahkan “keluarnya cacing lemas sama halnya dengan laron yang keluar ketika hujan kemudian tidak hujan”. ( metro tv )

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme