Cara Kerja Dust Removal, Membersihkan Debu pada Laptop

Bagikan jika Anda suka

Ayomaju.info – Debu mungkin terlihat sepele dan mungkin luput pada perhatian pengguna Notebook. Kebanyakan pengguna hanya membersihkan debu hanya di bagian layar dan body luar saja. Jika hal ini kurang diperhatikan, maka akan ada hal-hal yang tidak diinginkan yang akan mempengaruhi kinerja laptop. Akibatnya proses kerja pendingin yang kurang baik karena tersumbat dan lama kelamaan akan terjadi heatsink dan mungkin bisa menjalar sampai tombol keyboard tidak berfungsi dengan baik.

Tidak masalah jika Anda sudah ahli dalam bongkar pasang laptop dan kondi garansi produk sudah habis. Tinggal melihat isi dalam notebook tersebut dan membersihkan debu dengan alat dan bahan pembersih debu yang banyak di toko komputer.

Namun jika Anda tidak ingin membuka laptop Anda karena khawatir dengan beberapa hal, Anda masih dapat mencoba untuk membersihkan debu. Tips berikut ini adalah cara menghindari debu dan cara membuangnya :

  1. Pastika Anda selalu berada pada tempat yang bersih. Misalnya ketika akan meletakkan notebook memastikan dahulu meja yang akan dipakai bebas dari kotoran debu yang kemungkinan bisa masuk melalui lubang sirkulasi.
  2. Menggunakan cooling pad yang sesuai dengan laptop. Beberapa struktur laptop mempunyai design yang berbeda-beda. Pada bagian bawah, titik ventilasi nampak berbeda antara merk-merk tertentu. Sebelum anda membeli cooling pad, maka perhatikan dulu bagian bawah notebook Anda dan bagaimana siklus kipas bekerja. Dan pastikan juga arah angin cooling pad sama dengan arah angin kipas cooling yang ada di dalam notebook.
  3. dust removalMenggunakan driver atau software yang berguna. Contoh yang kami gunakan pada Notebook Lenovo mempunyai “energy management” dimana salah satu menu yang bisa digunakan untuk membuang debu “Dust Removal”. Cara kerja “Dust Removal” ini hanya dengan sekali klik, namun penting untuk diperhatikan terlebih dahulu apa saja yang harus dilakukan. Pertama adalah jangan gunakan cooling pad, karena perputaran “fan rotation” akan berbeda ketika melakukan pembuangan debu. Cara kerja kipas berbeda dengan biasanya yaitu terlihat pada kecepatan RPM yang sangat tinggi dan sudah diatur otomatis oleh “Energy Management. Untuk merk lain seperti Asus, Dell, Apple, dan banyak lagi mungkin juga ada driver “dust removal”

Cara diatas bukanlah satu-satunya untuk membuang debu. Namun upaya untuk meminimalisir membersihkan debu yang menempel pada bagian dalam laptop Anda.

2 pemikiran pada “Cara Kerja Dust Removal, Membersihkan Debu pada Laptop

Tinggalkan komentar