Ada beberapa cara untuk membuat Presentasi PowerPoint dari situs web yang ada.

Sayangnya, PowerPoint tidak dapat membuat kode HTML, sehingga dari situs web atau mencoba menyalin dan menempelkannya ke slide PowerPoint tidak berjalan dengan baik.

Mengambil tangkapan layar dari halaman Web dan mengimpor gambar ke slide Anda adalah cara yang cepat dan mudah, namun sering terlihat amatir. Untuk hasil yang paling profesional, ambil hanya konten dan gambar yang Anda butuhkan dari situs web dan buat presentasi PowerPoint dari nol menggunakan font dan warna yang sama dengan yang digunakan di situs web.

Screen Shot

Cara tercepat untuk membuat presentasi PowerPoint dari sebuah situs web adalah dengan menangkap tangkapan layar dari browser Web Anda. Snipping Tool di Microsoft Windows memberi Anda beberapa opsi untuk ‘screen shot capture;, yang kemudian dapat Anda masukkan ke dalam slide PowerPoint sebagai gambar.

Untuk menemukan alat ini, ketik “Snipping Tool” di kolom pencarian dari tombol Start Windows.

Setelah mengklik tombol “New”, gunakan alat Snip Rectangular untuk memilih area yang ingin Anda sertakan dalam slide.

Anda juga dapat menggunakan Snip Full-Screen atau Snip Window untuk membuat gambar dari halaman Web, namun alat Snip Rectangular memberi Anda kontrol lebih dalam membuat gambar yang sesuai dengan slide.

Menemukan Font HTML

Anda dapat membuat slide PowerPoint dari halaman Web yang ada dengan menyalin konten dari halaman di browser Anda dan kemudian menempelkannya langsung ke slide. Sayangnya, PowerPoint tidak akan mengenali formatnya, sehingga Anda bisa menemukan font apa yang digunakan untuk Anda sendiri.

Untuk menemukan nama font, Anda dapat menggunakan opsi View Source di browser Web Anda, cukup dengan mengklik kanan di manapun di halaman Web. Cari kata-kata yang Anda gunakan, lalu gulir ke atas menuju bagian atas halaman sampai Anda melihat nama font, atau referensi ke file CSS.

Jika halaman menggunakan format HTML, font akan ditampilkan bersamaan dengan kata-kata yang disorot. Jika tidak terlihat, Anda perlu mencari file CSS.

Menemukan font CSS

Jika Anda tidak melihat font yang tercantum di halaman Web itu sendiri, halaman tersebut mungkin menggunakan Cascading Style Sheets (CSS) untuk menentukan font yang digunakan.

Untuk menemukan file CSS, lihat di dekat bagian atas halaman kode sumber untuk tautan “.css”. Ini dapat memiliki berbagai nama, dan banyak situs menggunakan lebih dari satu file CSS, namun biasanya diberi nama sehingga mudah ditemukan.

Cari file CSS dengan kata “layout”, “teks,” “font” atau yang serupa.

Salin alamat untuk file CSS dan tempelkan di address bar pada jendela browser baru. Jika alamat diawali dengan “/” daripada “http”, Anda harus menempelkan kode setelah bagian “.com” atau “.org” dari situs web. Misalnya, jika halaman Web yang Anda kunjungi adalah “www.sample.com/articles.text.html” dan alamat CSS adalah “/stylesheets/fonts.css,” maka alamat filenya adalah “www.sample.com /stylesheets/fonts.css. ” Setelah Anda menemukan file CSS, cari font header dan body.

Font PowerPoint, Warna dan Gambar

Setelah Anda mengidentifikasi font yang digunakan di situs web, Anda dapat mengatur presentasi PowerPoint Anda untuk menggunakan font tersebut di slide Anda. Untuk mengubah font default untuk presentasi baru, klik tab “Desain” dan pilih “Font” dari grup Tema.

Anda kemudian dapat memilih “Create New Theme Fonts”.

Anda juga dapat memilih warna latar belakang untuk slide yang sesuai dengan latar belakang yang digunakan di situs web dengan mengeklik “Warna” di bawah grup Tema dan memilih “Tema Tema Baru”.

Untuk menggunakan gambar dari situs web, simpan gambar ke desktop Anda dan gunakan tab Insert di PowerPoint untuk memasukkan gambar dari file di desktop Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice