Cara Menginstal Ulang Paling Efektif Windows di Laptop atau PC

Advertisement

Menginstal ulang sebuah komputer pc atau notebook / laptop biasanya sekitar 1 jam. Jika menggunakan jasa teknisi komputer untuk menginstal ulang biasanya sekitar 50 – 100 ribuan.

Jika ingin menginstal sendiri komputer tanpa mengeluarkan biaya, sebaiknya ikuti langkah persiapan berikut.

  1. Pastikan sudah mempunyai sendiri master windows yang akan diinstal. Jika tidak ada, bisa meminjam teman atau menyewa, atau download di internet dengan koneksi yang anda punya. File sekitar 4 GB untuk windows 8.1
  2. Berapa DDR Ram yang Anda punya? sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan windows 32 bit (x86) untuk ram 2GB kebawah, jika lebih dari itu, akan sangat efektif menggunakan versi 64bit. Sebagai contoh, untuk komputer dengan ram 4 GB hanya akan terbaca maksimal 3GB saja, sayang sekali kan 1 GB yang lumayan berharga tidak bisa digunakan semestinya.
  3. Instal bisa dilakukan dengan menggunakan DVD Room, namun untuk saat ini lebih baik menggunakan removable disk ( semacam flashdisk ) agar lebih efektif, apalagi notebook slim yang biasanya tidak ada tambahan optical DVD drive nya, mau tak mau ya pakai flashdisk jika tidak ada DVD drive eksternal. Caranya cukup mudah tinggal mengikuti langkah : Install Windows Flashdisk dengan CMD Tanpa Software
  4. Langkah ke4 ini sering ditinggalkan, pastikan dahulu driver untuk komputer / laptop masih ada nggak? kalau punya koneksi internet sih nggak masalah tinggal download aja. Plus : biasanya versi lebih baru, minus : kelamaan nyari dan nginstallnya. Jadi untuk lebih cepatnya lagi backup dulu driver yang sudah menempel disitu. Cari digoogle : DrvBK (biasanya saya menggunakan versi 2.1, kalau ada lagi versi lebih tinggi silakan coba)

Langkah berikutnya : Menginstal ulang windows 7, 8, 8.1 untuk pemula, yang udah jago nggak perlu baca ya… 😀


Advertisement

  1. Sambil flashdisk ditancapkan, restart pc.
  2. Ketika mati kemudian tanda nyala pertama, akan muncul tulisan “press any key to book cd or dvd” tekan saja sembarangan atau enter, yang penting jangan tekan tombol power.
  3. Jika tidak ada tulisan tersebut, maka perlu setting bios terlebih dahulu. akan ada petunjuk untuk menekan salah satu tombol menuju bios Tiap merk komputer berbeda-beda, namun biasanya tekan DEL, atau F2 atau F12 di notebook. Tekan tombol tersebut.
  4. Setelah memasuki bios, cari Boot Device Priority, jadikan kira-kiranya seperti ini, setting boot flashdiskJika sudah kemudian save and exit.
  5. Langkah berikutnya anda akan melihat tampilan gambar window. Tinggal mengisi sesuai kebutuhan, tidak sulit. Kemudian tekan install now.
  6. License, checklist atau tinggal centang saja. ( I accept the license Agreement )
  7. Kalau menemui pilihan Upgrade dan Custom, pilih saja custom.
  8. Tulisan pertanyaan muncul where do you want to install, pilih pada drive 0 ( local disk C )
  9. Ok… windows sedang menginstal butuh 15 menitan, tergantung spek komputer. Dan berikutnya lagi sepertinya sangat mudah asalkan anda bisa bahasa inggris.
  10. Beres, sekarang tinggal restore driver yang sudah dibackup tadi. Komputer siap dipasang aplikasi dan siap disajikan.

Kalau udah bisa install ulang gini, anda boleh membuka jasa instal ulang, jika ditoko atau servisan lain suruh nunggu 2 jam atau sehari, anda boleh bilang tunggu acara bola setengah main 😀

Advertisement

Info Terkait

Updated: Maret 23, 2015 — 7:03 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme