Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Selalu Nyaman

Advertisement

Keyboard kalau udah keras, pas dipencet kadang nggak keluar hurufnya. Jengkel kan? Masalah tersebut biasa timbul karena keyboard tidak mendapatkan perawatan ekstra, padahal keyboard merupakan salah satu komponen vital pada notebook / laptop atau komputer dekstop / pc.

Kalau di desktop sih mendingan, udah nggak nyaman ganti aja yang baru. Tapi kalau pada laptop, keyboard yang bermasalah bakal menimbulkan masalah biaya yang lebih besar. Terkadang ganti keyboard baru tidak senyaman keyboard aslinya.

Perawatan bisa dilakukan tanpa harus datang ke teknisi, yang pertama cukup dengan melakukan pembuangan debu.

Apakah vacum cleaner bekerja secara maksimal untuk membersihkan keyboard laptop?

Sepertinya tidak, mungkin saja debu akan berkurang. Tapi hanya debu yang ada di permukaan saja yang terangkat. Sementara keyboard laptop memiliki sudut-sudut dalam yang berhimpitan. Terkadang kita tidak menyadari ada yang masuk ke sela-sela keyboard, seperti roti / snack yang jatuh saat kita makan, kerikil kecil yang jatuh dari ternit rumah dan masih banyak kotoran lainnya. Mini Vacum Cleaner USB menurut saya hanyalah sebuah aksesoris unik saja. Terkada sebuah inovasi baru tak semuanya berfungsi sperti apa yang mereka presentasikan.

Jadi apa yang digunakan untuk membersihkan debu / kotoran pada keyboard?

Cukup dengan hembusan angin yang besar, misalnya dengan menggukan kompresor. Caranya dengan menembakkan angin ke arah sela-sela keyboard menyeluruh. Kalau perlu posisi laptop dibalik ( usahakan dalam posisi mati, takutnya ntar kenapa-napa pada laptopnya ).

Alternatif lainnya bisa menggunakan pompa kasur angin, harganya pun murah. Untuk yang manual, saya beli sekitar 30-50 ribuan. Dan sampai sekarang, benda ini wajib untuk menyemprot keyboard seminggu sekali.


Advertisement

merawat keyboard dengan pompa angin

merawat keyboard dengan pompa angin kasur

Dan ini lah hasilnya saya ngetik dalam waktu 5 detik :

gskjadg jewihg ohaghosdgnkldsngio gndoj gikngjdbgo;dh gpsdabhfiosdnl vbeawg;u og;hwiepg bowego’we vbvo’enebgouewh veb avoehavbeu avhnbvr envk er hrghebvodf vpkdbip’erhaipb ‘rshr vperbibvrh pivh ea’vhipshvf vper hherpi.

hahaha.

Lain lagi untuk keyboard yang sudah mulai membandel, perlu alat dan bahan tambahan. Yakni dengan menggukan isopropyl alcohol. Bisa dijumpai di toko kimia atau toko aksesoris komputer. Caranya dengan mencelupkan cotton buds ( bahasa italia : korokan kuping ) ke dalam cairan alkohol tersebut. Dengan kondisi cottonbuds yang basah tersebut, usapkan dengan seksama ke bagian keyboard tersebut. Bisa di bagian luarnya saja, bisa juga sampai ke bagian bawah tombol-tombol keyboard dengan mencongkelnya atau membongkar secara keseluruhan.

Untuk laptop yang tidak digunakan dalam waktu yang lama, sebaiknya gunakan pelindung silikon keyboard. Namun perlu dibaca juga kapan pelindung keybord ini sebaiknya digunakan atau tidak : Silicone Keyboard Cover, Perlukah Untuk Melindungi Laptop

Good Luck Gaes (hrz)

Advertisement

Info Terkait

Updated: Mei 8, 2015 — 12:26 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme