Banyak software yang digunakan untuk mengambil gambar dari pc. Misalkan akan mengambil screen dari video yang sedang berjalan untuk mengambil satu frame atau beberapa frame untuk dijadikan jpg, atau png. Beberapa software yang digunakan adalah Lightshoot, Tinygraph, TNTScreenCapture, Snapdraw, Shooty, jshoot dan masih banyak lagi.

Beda software beda juga fungsinya. Ada beberapa fitur tambahan yang ada, selain hanya untuk mengambil gambar kita bisa mengedit lebih banyak pilihan apalagi dengan fitur pro (berbayar). Buat yang males mikirin biaya, bagaimana kalau nyimak bagaimana saya mengcapture gambar dengan cepat.

Seperti teman-teman lain, menggunakan tombol di keyboard “PrtSc” lalu di pastekan di paint. Memang cara ini yang paling banyak digunakan, namun memang sedikit ribet ketika mau mengambil gambar hanya sebagian dari layar ( tidak fullscreen ). Kita diharuskan menggeser gambar supaya hasilnya pas.

pengguna Windows Xp/7/8/8.1 sebenarnya tak perlu lagi mencari software aneh-aneh yang bisa bikin penuh ram. Bawaan windows untuk screen shot adalah “Sniping Tool” dengan icon gambar gunting :

Sniping tool
Sniping tool

contoh hasil sniping :

Free mode
Free mode
Rectange
Rectange

Tips : untuk mempermudah, aplikasi sniping tool di pin di toolbar agar tidak bolak-balik mencari aplikasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice