Ciri-ciri Toko Online Penipu dan Asli

Advertisement

Pernahkah Anda membeli barang misalkan handphone, alat elektronik, pakaian, tas, sepatu dan banyak barang lainnya melalui toko online?

Jika sudah dan sangat sering, mungkin Anda tak perlu lagi membaca tulisan ini. Sementara untuk yang baru mulai mencoba untuk membeli barang melalui internet, simak ciri-ciri toko online penipu dan asli dengan cara menganalisa beberapa kriteria berikut ini :

toko online penipu atau asli ayomaju.info tips

Advertisement
  1. Cek terlebih dahulu kredibilitas toko online
    Cara dengan meminta bantuan referensi dari teman yang sudah terbiasa dengan toko online. Cara lainnya adalah bertanya lewat forum-forum besar seperti kaskus apakah ciri-ciri situs online shop yang dituju apakah penipu atau asli
  2. Baca semua informasi tentang toko online
    Untuk menghindari kejadian yang tidak mengenakkan, kita setidaknya harus mengetahu secara aktual. Misalnya apakah barang yang mereka jual memiliki asuransi atau support tambahan. Walaupun terkadang timbul biaya tambahan, namun dalam pengiriman akan terjamin dan sampai pada depan rumah anda,
  3. Perlindungan Pelanggan
    Membeli di toko online sama saja dengan membeli di toko fisik. Barang yang mereka jual memberikan sebuah perlindungan konsumen. Ketika sebuah produk bermasalah, konsumen berhak untuk mengajukan klaim yang dilindungi oleh (YLKI) / Suara Konsumen.
  4. Perhatikan metode pembayaran
    Dalam sebuah toko online yang sudah besar, akan tertera beberapa cara pembayaran. Diantaranya Bank Transfer, Bayar di tempat toko online berada, atau cash on delivery (cod) yang artinya pembeli bisa membayar ketika barang sampai pada tujuan yang diantarkan oleh kurir. Namun pada toko online penipu, kebanyakan hanya ada satu rekening saja dan harus dilakukan melalui transfer bank. Ini mungkin sangat sulit dibedakan mana asli mana palsu.
  5. Lakukan komunikasi dua arah
    Sama saat kita melakukan negosiasi baik calon pembeli dan calon penjual. Komunikasi dua memang tak menjamin bahwa anda tidak akan tertipu, akan tetapi setidaknya cara ini mempersulit penjual online palsu.
  6. Informasi pengiriman produk
    Dalam pengiriman menuju pemesan barang, makan akan diinfokan oleh penjual seperti Kwitansi Pembayaran, RESI sebagai bukti pengiriman, dan beberapa informasi yang diperlukan oleh pembeli

Indonesia saat ini sudah ada ribuan toko online, banyak diantara situs-situs yang memang menjual sesuai apa yang dipajang, akan tetapi tak sedikit pula yang memanfaatkan kelengahan calon konsumen.

Anda tak begitu kawatir jika akan melakukan pembelian online misalnya di Lazada.co.id, MatahariMall.com, Blibli.com, Tokopedia.com, Bhinneka.com, dan masih banyak lagi toko online yang bisa menjadi tempat membeli dengan harga lebih murah dari outlet terdekat di outlet terdekat di kota anda.

 

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme