Contoh Berpikir Kreatif di Tempat Kerja

Berpikir kreatif penting untuk setiap organisasi untuk mencegah stagnasi dan untuk menjaga bisnis bergerak maju. Proses berpikir kreatif tidak selalu mudah, dan beberapa stimulasi mungkin diperlukan. Anda dapat menggunakan beberapa teknik untuk membantu proses, dan dapat bermanfaat untuk pekerjaan Anda yang mungkin terlibat untuk memberikan paparan berbagai macam ide.

Brainstorming

Brainstorming memungkinkan sekelompok orang untuk menyumbangkan ide-ide tentang topik tanpa memperhatikan kemungkinan. Tujuannya adalah untuk datang dengan “out of the box” solusi yang mungkin tidak terjadi sebaliknya. Sementara banyak dari ide-ide yang dihasilkan mungkin tidak layak, adalah mungkin bahwa dengan menghapus kendala praktis, ide akan muncul bahwa Anda dapat membentuk menjadi solusi yang bisa diterapkan. Keuntungan lain adalah bahwa Anda akan menerima masukan dari beberapa orang, bukan hanya satu atau dua individu.

Bertanya “Bagaimana Jika”

Proses bertanya “bagaimana jika” pertanyaan dapat menyebabkan penemuan-penemuan baru yang menghasilkan perbaikan atau pertumbuhan. Sebagai contoh, Anda dapat mempertimbangkan apa yang akan terjadi jika Anda mulai melakukan proses dengan cara kebalikan dari bagaimana saat Anda melakukannya atau jika Anda menambahkan jam kerja di akhir pekan. Anda juga dapat menjelajahi kemungkinan membuka lokasi kedua atau bahkan membeli pesaing utama Anda. “Bagaimana jika” pertanyaan seringkali merupakan sumber dari ide-ide besar.

Role-Playing

Role-playing dapat memberikan Anda perspektif yang berbeda yang dapat menghasilkan ide-ide yang membantu. Misalnya, jika Anda seorang penjual, sesi role-playing di mana Anda berpura-pura menjadi pelanggan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dari apa yang pelanggan Anda pikir selama presentasi Anda. Hal ini dapat membantu Anda mengantisipasi keberatan umum pelanggan Anda mungkin memiliki dan mengembangkan rencana untuk mengatasinya. Anda akan jauh lebih siap untuk penjualan.

Teknik provokasi

Provokasi adalah proses di mana Anda sengaja menolak untuk membantu merangsang pemikiran kreatif. Misalnya, Anda dapat menimbulkan premis bahwa menyingkirkan semua komputer bisnis Anda akan meningkatkan produktivitas. Meskipun Anda tidak punya niat menyingkirkan sistem komputer Anda, konsep dapat membantu merangsang berpikir ke mana Anda dan rekan Anda mungkin datang dengan ide-ide untuk meningkatkan produktivitas dan kembali memeriksa proses Anda saat ini.

(hrz/credit: Chrish Joseph)

Bagikan jika Anda suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.