Dalam Bisnis, Penampilan Juga Penting!

Ayomaju.info – Sebagai pelaku bisnis atau usaha, mungkin tak mempunyai kewajiban untuk memakai seragam atau mengenakan pakaian formal seperti penjaga toko atau swalayan.

Almarhum Bob Sadino memang menjadi salah satu inspirator hebat yang pernah ada di Indonesia ini. Namun semua kata-katanya bukan lah 100% sempurna. Ada beberapa hal yang mungkin harus dicerna terlebih dahulu. Misalnya dalam berpakaian, Jika sudah sukses, itu tak masalah lagi bahkan anda bisa berpenampilan layaknya tokoh pelaku bisnis diatas.
Namun dalam menjalani bisnis, penampilan rapi dan meyakinkan akan memambah pandangan orang terhadap kapabilitas Anda. Misalnya ketika anda sedang melakukan penawaran kerjasama, memakai pakaian yang pas contohnya mengenakan kemeja rapi, wangi dan tak lupa bagian bawah seperti celana dan sepatu yang bisa mencerminkan keseriusan anda dalam berbisnis.

 

Tidak harus menggunakan jas elegan atau dasi yang biasa kita lihat di kantoran. Hanya saja dalam pekerjaan lapangan / usaha sendiri hanya memerlukan pakaian yag pas. Biasanya yang digunakan adalah pakaian kasual. Jika Bob Sadino bilang “Bergayalah sesuai isi dompetmu” ya memang ada benarnya untuk kita selalu low profile dan tidak menjadi manusia tong kosong. Tapi satu hal yang perlu diperhatikan, membeli pakaian yang bagus adalah modal yang berharga. Hal ini bukan bermaksud untuk gaya-gayaan saja, namun untuk kepentingan ke depan.

 

pakaian rapi kasual

Banyak manfaat memakai pakaian yang rapi, diantaranya :

  1. Kepercayaan diri : Jika penampilan anda rapi, maka nilai ganteng / cantik anda akan bertambah sekian persen :D. Bayangkan jika anda bangun tidur belum mandi dan memakai kaos oblong dan celana apa adanya, memakai sandal swallow yang mulai kelihatan warna dasar bagian bawahnya, mungkin untuk bertemu teman saja rasanya pengen menghindar.
  2. Bisa berkonsentrasi maksimal : Badan terasa segar, pakaian yang rapi dan harum. Anda tak perlu mencemaskan apa yang kurang pada diri anda dan fokus pada apa yang akan dibahas.
  3. Dihargai Orang lain. Dengan pakaian rapi yang anda kenakan, rekan bisnis akan menghargai keberadaan anda. Hal ini mencermikan bahwa anda serius dalam menghadiri suatu diskusi meskipun tidak berada pada linkungan formal.
  4. Dianggap Dewasa. Dalam berbisnis, orang yang telihat dewasa akan lebih di perhitungkan. Mungkin usia bukanlah satu-satunya ukuran kedewasaan, dengan penampilan yang rapi pula maka orang akan terlihat dewasa karena bisa menempatkan dirinya pada suatu tempat.
  5. Sunah. Kebersihan / kerapian adalah sebagian dari iman. Maka akan terdapat banyak manfaat dan pahala yang datang dari situ.

Menjaga postur badan dan menggunakan bahasa yang baik juga sangat diperlukan sehingga akan membuat kesan yang baik juga, dan usahakan jangan membuat kesalahpahaman. Jadi, sudahkan Anda Rapi?

Bagikan jika Anda suka

Tinggalkan komentar