Dikutip dari berbagai sumber di google.co.id Estimasi Biaya Usaha Laundry Kiloan – setelah sempat update artikel tentang modal usaha laundry kiloan. tentunya kita sebelum membuka bisnis laundry rumahan, kita harus menentukan estimasi biaya yang di butuhkan. Oleh karena itu mari kita hitung estimasi biaya membangun bisnis laundry kiloan di rumah.

Estimasi Biaya Usaha Laundry Kiloan
berikut perhitungan memualai bisnis laundry kiloan di rumah:
Mesin cuci front loading dan mesin pengering gas (1 paket) = 11.500.000
Setrika uap (2 buah) = 1.500.000
Meja setrika, Hanger, keranjang dan rak penyimpanan = 2.000.000
Publikasi (Banner, spanduk, brosur) = 1.000.000
Modal kerja (beli sabun cuci, pewangi, plastik, tas kresek, gas) = 2.000.000
Cadangan = 500.000
Total estimasi biaya usaha laundry kiloan di rumah yaitu sebesar 27.500.000

Modal awal sebanyak total Rp. 28.500.000 hanya merupakan perkiraan umum dengan asumsi-asumsi. Kalau asumsi-asumsinya dirubah tentunya total modal yang dibutuhkan akan berubah. Misalnya mesin cucinya pakai yang harga 3,5 jutaan, tanpa mesin pengering (untuk pengeringannya dengan sistem penjemuran), berarti sudah memotong kebutuhan modal 8 juta, jadi hanya Rp. 20 juta.

Kalau modal segitu masih terlalu besar, kita bisa mengurangi lagi dengan mengubah asumsinya, seperti tadi. Tapi kalau dengan pengurangan-pengurangan, masih dianggap besar modal bisnis yang dibutuhkan, kita mungkin perlu mencari alternativ lain.

dari estimasi biaya usaha laundry kiloan di atas anda sudah bisa memulai membangun bisnis laundry rumahan dengan skala menengah keatas. Namun dengan biaya sebesar itu anda akan mendapatkan laba sekitar 30% dan bisa kembali modal dalam kurung kurang lebih 6 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice