Faktor Penyebab Kota Jakarta Panas Sekali

Suhu udara di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya ( Depok, Bekasi, Tangerang ) sangat panas, ditambah lagi teriknya matahari yang sangat menyengat.

Apa saja faktor penyebab kota Jakarta panas sekali?

jakarta panas

Penyebabnya antara lain dari faktor alam dan faktor lingkungan.

Faktor Alam :

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengakui bahwa kebanyakan kota besar di Indonesia mempunyai suhu panas ekstrim. Terutama pada musim kemarau, pergerakan radiasi sinar matahari yang bergerak ke arah selatan mendekati titik garis ekuator ( tepat di atas Jakarta ), uap tidak ada dan sinar matahari langsung ke permukaan bumi.

Selain itu kelembabab udara kota jakarta yang sangat tinggi juga berpengaruh terhadap suhu. Kelembabab tinggi udara mengakibatkan ketidakmunculnya awan.

Faktor Lingkungan :

Pepohonan atau penghijauan yang ada di kota besar Jakarta jumlahnya sangat sedikit. Hal tersebut membuat panas matahari langsung berkolaborasi dengan panas dari permukaan bumi mengakibatkan suhu udara lebih dari 33 derajat celcius, bahkan di kota  Bekasi nyaris tembus 40 derajat celcius.

Kerusakan lingkungan akibat ulah manusia sendiri yang telah berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dan yang paling berpengaruh adalah pencemaran termal.

 

Panasnya kota Jadetabek juga terjadi di kota besar lainnya di Indonesia seperti di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Batam, dan Makassar

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Related Post