Fidget Spinner adalah jenis mainan yang menghilangkan stres. Pada dasarnya terdiri dari bantalan di tengah, desain yang terbuat dari berbagai bahan termasuk kuningan, stainless steel, titanium, tembaga dan plastik.

Mainan tersebut telah diiklankan untuk membantu orang-orang yang memiliki masalah dengan fokus atau gelisah (seperti ADHD, autisme, atau kegelisahan) dengan bertindak sebagai mekanisme pelepasan energi gugup atau tekanan psikologis. Namun beberapa ahli ada juga yang membantah dasar ilmiahnya dan mengemukakan mainan tersebut sebenarnya bisa lebih mengganggu.

Meskipun mainan Fidget Spinner ditemukan pada 1990-an, para pemintal gelisah menjadi mainan yang populer di tahun 2017.

Seringkali diiklankan dengan manfaat kesehatan, mainan ini mulai digunakan oleh anak-anak sekolah, yang mengakibatkan beberapa sekolah melarang pemintal, dengan alasan mainan itu menjadi gangguan di kelas. Sekolah-sekolah lain membiarkan mainan itu digunakan secara diam-diam oleh anak-anak untuk membantu mereka berkonsentrasi.

Desain

Alat penghilang stres pada dasarnya terdiri dari dua atau tiga desain cabang dengan bantalan melingkar pada pusatnya.

Seorang individu memegang bantalan tengah saat mainan berputar.

Desainnya terbuat dari berbagai bahan termasuk kuningan, stainless steel, titanium, tembaga, aluminium, dan plastik. Jenis bantalan yang umumnya digunakan adalah keramik, logam (stainless steel atau krom), dan desain hibrida.

Selain itu, bantalan dapat berbeda untuk menyesuaikan waktu putaran, getaran, dan noise desain, yang menghasilkan umpan balik sensoris yang unik.

Siapa yang pertama kali membuat Fidget Spinner?

Catherine Hettinger, seorang insinyur kimia dengan pelatihan, awalnya dikreditkan oleh beberapa berita untuk menjadi penemu Fidget Spinner, termasuk oleh media seperti The Guardian, The New York Times, dan New York Post. Hettinger mengajukan permohonan paten untuk “spinning toy” (mainan berputar) pada tahun 1993.

Hettinger mengatakan kepada New York Post bahwa gagasan untuk mainan itu datang saat dia melihat anak laki-laki melemparkan batu ke petugas polisi di Israel.

Menanggapi hal itu, dia ingin mengembangkan mainan yang menenangkan yang bisa membantu anak melepaskan energi terpendam dan “menyampaikan kedamaian.”

Namun, dia mengatakan kepada The Guardian bahwa asal mula pemintal gelisah datang saat dia menderita Myasthenia gravis, kelainan autoimun yang menyebabkan kelemahan otot.

Karena tidak dapat bermain dengan putrinya, dia mulai “melempar barang-barang bersama dengan koran dan tape” untuk menghiburnya. Ini segera mendapat popularitas saat ia memulai industri skala kecil dari rumahnya dan menjual penemuannya di seputar pameran seni di Florida, Amerika Serikat.

Hettinger mengajukan permohonan paten pada tanggal 28 Mei 1993 untuk perangkat bundar satu potong yang terbuat dari plastik lunak dengan kubah (indentasi pusat untuk penempatan jari) dan “skirt” (ekstensi luar melingkar), lalu memasang perangkat pemintal untuk produsen mainan. Namun, Hasbro menolak kata kesepakatan setelah melakukan pengujian pasar.

Sebuah artikel Bloomberg News, bagaimanapun, membantah klaim bahwa Hettinger adalah penemu asli dari pemintal gelisah, dengan mengutip dua pengacara paten yang melihat sedikit kemiripan antara pemintal gelisah yang mulai populer pada tahun 2017 dan mainan pemintal Hettinger, seperti yang dijelaskan dalam paten tersebut.

Hettinger mengakui bahwa tidak ada hubungan langsung antara mainan berputar dan pemintal gelisah dalam bentuknya saat ini dan tidak membuat klaim untuk menjadi penemu produk tersebut, mengatakan kepada Bloomberg News: “Anggap saja saya mengaku sebagai penemu. Anda tahu, ‘klaim Wikipedia’, atau semacamnya.”

Meskipun status paten dari Fidget Spinner yang saat ini ada di pasaran tidak jelas, dalam sebuah wawancara yang muncul pada tanggal 4 Mei 2017 tentang NPR, Scott McCoskery menjelaskan bagaimana dia menemukan alat pemintal logam pada tahun 2014 untuk mengatasi gelisahnya sendiri di konferensi IT. Sebagai tanggapan atas permintaan dari komunitas online, dia mulai menjual perangkat yang dia sebut sebagai Torqbar secara online. Tak lama kemudian, yang lain mulai membuat dan menjual versi mereka sendiri, dan pada tahun 2016 ia bermitra dengan seorang teman untuk mengajukan paten sementara.

Pada tanggal 23 Desember 2016, James Plafke dari Forbes menerbitkan sebuah artikel yang menggambarkan Fidget Spinner sebagai “mainan kantor yang harus dimiliki pada tahun 2017.”

Pada akhir Maret, pengguna di situs media sosial seperti YouTube dan Reddit mulai mengupload video yang ditinjau dan melakukan trik dengan Fidget Spinner.

Boston Globe melaporkan bahwa mainan ini pada umumnya “memasuki arus mainstream” dengan mainan Fidget Cube yang terkait juga semakin populer.

Beberapa penjual di Etsy dilaporkan membuat dan menjual desain pemintal yang disesuaikan.

Popularitas pemintal gelisah mulai meningkat pesat pada bulan April 2017, dengan pencarian Google untuk “Fidget Spinner” pada bulan itu, menurut majalah Money.

Pada tanggal 4 Mei, variasi pemintal menempati setiap tempat di daftar 20 terbaik Amazon untuk mainan.

Banyak publikasi menyebut pemintal gelisah sebagai mode, dengan beberapa jurnalis membandingkannya dengan kenaikan popularitas membalikkan botol air (bottle flipping) yang naik pada tahun 2016.

Pada tanggal 27 April 2017, New York Post merinci, “pemintal gelisah, mainan berteknologi rendah dan harga murah, adalah mode besar yang menyapu negara, dan toko tidak dapat menyimpannya dalam persediaan.”

Pada bulan Mei 2017, ada begitu banyak permintaan untuk pemintal gelisah di China, beberapa pabrik yang biasa membuat aksesoris ponsel dan telepon beralih ke membuat pemintal gelisah.

Pada tanggal 16 Mei 2017, penerbit video game Ketchapp merilis aplikasi pemintal gelisah. Aplikasi tersebut menerima 7 juta unduhan dalam dua minggu pertama setelah diluncurkan.

Fidget Spinner di Indonesia

Lazzada bergerak cepat dalam penjualan mainan mainstream ini. Telah ada ribuan stock di salah satu toko online / market place terbesar di Indonesia. Mulai dari bentuk yang sederhana “Fidget Spinner Hand Toys Mainan Tri-Spinner EDC Ceramic Ball Focus Creative Games Funny Merah” yang dijual Rp 20 ribuan, sampai dengan yang paling mahal “Fidget Spinner 9 Bearings Wheel Gears Fidget Spinner Electric Saw Metal Hand Toys” yang dijual dengan harga Rp 850.000.

Jenis-jenis Fidget Spinner yang ada di Indonesia

Fidget Spinner untuk Pemula (harga dibawah 50 ribu)
Fidget Spinner Glow In The Dark (menyala dalam gelap)
Fidget Spinner LED (tambahan aksesoris lampu)

Bagaimana, apakah Anda tertarik memilikinya?

Atau ingin dijadikan bisnis dadakan? siapa tahu ini menguntungkan.

(hrz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Editor's Choice