Tahun 2016 ini ditandai dengan sekuel, remake, adaptasi dari komik atau video game, superhero atau film animasi.

  • Hingga lima film superhero telah menjadi pemenang di box office sepanjang tahun ini
  • Captain America: Civil War adalah film superhero yang telah meraup keuntungan terbesar dan di semua tingkatan pada tahun 2016
  • Film animasi ini telah meraup total hampir 3.600 juta euro di seluruh dunia
    Di negara kita sendiri, setiap tahunnya bioskop terus didominasi Super Hero Amerika

superhero marvel vs dc comic

Setelah paruh pertama tahun ini adalah saat yang tepat untuk mengambil stok dan mendiskusikan bagaimana box office bekerja tahun ini di Indonesia dan di seluruh dunia.

Tahun 2016 ini masih dengan sekuel, remake, adaptasi dari komik atau video game, superhero atau film animasi, tanpa melupakan film yang kurang komersial, masih tanpa memperoleh koleksi yang luar biasa, membuat karya mengesankan.

Keraguan superhero menjadi pemenang besar di box office tahun ini. Jika dua puluh film terlaris sepanjang tahun ini dianalisis, dapat diamati bahwa mereka tidak satu atau dua yang berada di peringkat ini, tapi lima film dari genre yang sama menduduki tempat dalam klasifikasi ini.

Menurut data yang diberikan oleh Box Office, “Captain America: Civil War” tidak hanya film superhero yang diangkat, tapi film terlaris tertinggi di semua tingkatan pada tahun 2016, dengan 1.046 juta euro di seluruh dunia. Di tempat keempat adalah bergabungnya Batman dan Superman dalam satu film, yang telah memungkinkan Warner Bros mendapatkan keuntungan € 790 juta, angka sedikit lebih rendah dari yang diharapkan, berkat sebagian dukungan kritikus khusus, yang itu tidak persis baik untuk film yang disutradarai oleh Zack Snyder.

Sedikit lebih bawah, di tempat keenam, “Deadpool” merupakan salah satu film kejutan tahun ini. Gaya hooligan dan pembatasan usia yang tidak ditetapkan oleh Fox meraih 710 juta euro di seluruh dunia. Dalam posisi delapan : “X-Men: Apocalypse” muncul dan meraup 485 juta euro di seluruh dunia. Dan akhirnya, sebuah film yang mengambil hanya beberapa hari kartel, telah berhasil menempati posisi 20: “Suicide Squad”  telah meraih € 242 juta dalam pekan pertamanya.

Dan tampaknya bahwa tren ini dalam genre tidak berniat untuk berubah, karena banyak adaptasi untuk sisa tahun dan 2017, di mana lebih dari enam film dari genre film superhero sangat diharapkan. Dengan ini menunjukkan animo masyarakat dalam film  semata-mata untuk menikmati waktu yang menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman.

movie graph

Tetapi jika ada sesuatu yang ditandai tahun ini adalah sukses besar dari film animasi, dimana telah meraup total hampir 3.600 juta euro di seluruh dunia. “Zootrópolis” adalah film terlaris tertinggi kedua tahun ini, dengan 930 juta di seluruh dunia, diikuti oleh “The Jungle Book”, yang mencampur animasi dengan live action dan sedikit nostalgia dengan raihan spektakuler € 854juta

Film lain yang paling diantisipasi tahun ini, “Finding Dory” telah mengantongi € 791 juta dan bahwa karirnya di bioskop belum berakhir, sehingga angka ini mungkin meningkat lebih lanjut. Sekuel ketiga dari “Kung Fu Panda” telah meraup 471 juta euro. Kita juga tidak bisa melupakan “Warcraft,” meskipun kegagalan di pasar domestik, telah mendapatkan 433 juta euro, 385 juta euro berasal dari box office internasional.

Tapi sekuel juga tinggal studi dan ada segala macam, dari bagian kedua dari film mitos tahun sembilan puluhan, “Independence Day: Resurgence” yang telah memenangkan lebih dari 344 juta euro di seluruh dunia, atau sekuel film paling dinanti “Now You See Me 2” atau “The Conjuring 2” yang telah mendapatkan 284 juta euro dan 286 juta euro masing-masing di seluruh dunia.

daftar film superheroes 2016 2017 2018

Ada banyak faktor yang menentukan sebuah film di box office, seperti harapan, pemain, sutradara, dari mulut ke mulut atau topik, tapi tidak diragukan lagi dampak signifikan, terutama dalam beberapa tahun terakhir karena booming jaringan sosial, seperti pesannya mencapai audiens yang lebih luas. Dengan kata-katanya, kritik ini mungkin menyia-nyiakan atau mengangkat film bahkan sebelum rilis.

Dua kasus yang memberikan contoh situasi ini: “Batman v Superman: Dawn of Justice” mengumpulkan hanya 28% dari pujian kritis di web review Rotten Tomatoes, yang berfungsi sebagai tolok ukur yang sempurna untuk mengetahui pendapat para kritikus. Hal ini menyebabkan film mengalami penurunan lebih dari 60% di minggu kedua di box office, membuat perkiraan awal melebihi  900 juga euro namun akhirnya hanya dapat 790 juta euro.

Superhero yang sedikit aneh, “Deadpool” sebuah film untuk orang dewasa, dengan anggaran terbatas dan karakter yang tidak diketahui untuk masyarakat, membuat harapan untuk Fox. Tapi dengan tingkat persetujuan 84%, film ini telah melebihi harapan awal sekitar 360 juta euro namun justru akhirnya sanggup meraup 700 juta euro.

Film Superhero Mengusai Box Office Tahun 2016
Ditag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.