Hati-hati Ya Kalau Bermain di Pantai

Advertisement

Pantai memang menjadi salah satu tempat paling asyik untuk belibur. Indonesia sendiri memiliki ribuan pantai di berbagai tempat, namun Anda harus perhatikan mana yang berbahaya atau tidak. Sebuah istilah “Rip Current” harus Anda hindari supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Rip Current merupakan salah satu penyebab terseretnya seseorang ke tengah laut. Ciri-ciri Rip Current memiliki bentuk cekungan seperti pada gambar berikut ini :

rip current bahaya

Menurut Susmayadi et al, pengertian Rip Current adalah arus balik yang terkonsentrasi apda sebuah jalur sempit yang memecah zone empasan gelombang sampai melewati batas zona gelombang pecah.

ciri-ciri rip current


Advertisement

Secara fisis rip current terbentuk jika gelombang laut datang dan menghempas garis pantai yang berbentuk teluk dan cekungan. Adanya banyak pantulan muka gelombang yang mengenai ”busur teluk” akan memunculkan sejumlah arus susur pantai yang bertemu dan memusat di tengah-tengah ”busur teluk”.

kronologi

Arus susur yang saling bertemu di pusat busur teluk ini selanjutnya bergabung menimbulkan sebuah arus balik menuju ke tengah laut yang mengumpul pada suatu jalur arus yang sempit hingga melewati batas zone gelombang pecah.

Dengan kuatnya energi dan kecepatan yang sangat tinggi, Rip Current menjadi penyebab terseretnya semua obyek yang ada di bibir pantai.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu ciri-ciri rip current yang dapat membayahakan diri Anda dan keluarga Anda saat bermain di pantai. Have a nice day dan selalu be safety.

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: Januari 6, 2016 — 2:29 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme