Ilmiah vs Mitos : Blau, Sabun Cuci Penyembuh Gondok?

Tahukah anda dengan ‘blau’ atau ‘blawu’? benda unik berwarna biru, bentuknya kotak mungil dan biasanya digunakan oleh masyakat ‘jadul’ untuk mencuci baju.

A D V E R T I S E M E N T

blau sabun cuci jaman dulu
BLAUW cap berlian

Mungkin anak jaman sekarang jarang sekali melihat blau. Blawu tersebut tidak hanya digunakan sebagai sabun cuci, melainkan juga berfungsi sebagai obat gondok.

gondokan pakai blawu
Blawu sebagai obat penyakit Gondong (Parotitis Epidemika/Radang Kelenjar Ludah). via The Trionos – Jaman dulu

Benarkah Blau dapat mengobadi penyakit gondong?

Gondong / gondok ‘an adalah sebutan dalam bahasa Jawa untuk nama penyakit Radang Kelenjar Ludah atau Parotitis Epidemika, dengan gejala demam tinggi disusul pembengkakan disekitar bawah dan belakang telinga, dapat satu sisi atau keduanya.

Peradangan adalah salah satu gejala yang muncul dari penyakit yang disebabkan oleh virus ini, bersifat menular dan dapat menimbulkan komplikasi seperti : Gagal Ginjal, Gagal Jantung dan Kemandulan (tidak subur).

Oleh masyarakat awam penyakit ini diobati dengan mengolesi cairan blawu (sejenis zat pewarna biru) pada tempat yang sakit. Seperti penyakit virus lainnya, Gondong juga bisa sembuh sendiri (self limited disease) apabila daya tahan tubuh penderita cukup baik. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat percaya bahwa dengan mengolesi blawu, penyakit ini akan sembuh, padahal kenyataannya penyakit ini sembuh sendiri.

Namun begitu, sebaiknya Gondong tetap harus diobati dengan anti virus guna menghindari komplikasi yang mungkin timbul di kemudian hari, disamping istirahat total (untuk menghindari penyebaran virus ke organ tubuh lain) dan pemberian makanan tinggi kalori dan protein (untuk meningkatkan daya tahan tubuh)

A D V E R T I S E M E N T

Sumber informasi : Dr. Wahyo Praptono

Ilmiah vs Mitos : Blau, Sabun Cuci Penyembuh Gondok?

A D V E R T I S E M E N T

Tag:,

2 gagasan untuk “Ilmiah vs Mitos : Blau, Sabun Cuci Penyembuh Gondok?

  • Mei 18, 2017 pukul 9:38 am
    Permalink

    Ini benar gak pakai balau bisa sembuh kan gondok

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.