Ilmiah vs Mitos : Keseleo Penyebab Demam pada Anak?

Advertisement

Beberapa orang tua menyebut demam yang terjadi pada anaknya disebabkan karena salah urat atau keseleo. Beberapa orang jawa menyebut kesliring atau kecetit.

Apakah benar keseleo adalah penyebab demam pada anak dan dapat disembuhkan dengan mengundang dukun pijat?

anak jatuh

Memang untuk memulihkan tubuh atau bagian yang terkilir atau keseleo terasa lebih enak setelah dipijit,  namun jika anak tersebut mengalami demam dan masyarakat menganggap cara menyembuhkannya dengan memijat bukanlah tindakan yang tepat.

Advertisement

Menurut sumber informasi yang kami dapatkan dari Dokter Wahyo Praptono, karena sebuah kepercayaan, anak dengan gejala tersebut oleh orang tuanya akan dibawa ke dukun pijat. Akan tetapi, hal ini memungkinkan keterlambatan dalam pengobatan, bahkan muncul komplikasi yang sebenarnya bisa dihindari atau dicegah.

Dalam ilmu kedokteran anak panas berarti ada kuman penyakit yang masuk ke dalam tubuh (infeksi karena virus atau bakteri). Pilek dan batuk adalah salah satu akibat dari infeksi yang terjadi di saluran pernafasan. Penyakit ini harus segera diobati (tidak cukup hanya dipijat) agar cepat sembuh dan tidak menjalar ke saluran nafas bawah, menjadi Bronchitis atau Pneumonia (radang Paru-paru) yang ditandai dengan nafas cepat dan atau sesak nafas serta penurunan kesadaran. Pneumonia sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.

 

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme