Inca Tern Bird, Burung Berkumis dari Amerika Latin

Advertisement

Salah satu burung langka yang ada di Amerika Latin, Inca Tern Bird memiliki bentuk yang cukup unik. Selain itu ciri khas tersemat pada bagian kepalanya yang memiliki kumis.

Inca tern (Larosterna inca) merupakan burung laut (famili : Sturnidae). Burung ini adalah satu-satunya anggota dari genus Larosterna.

Bentuk unik terlihat pada bulu (plumaged) yang banyak terlihat di pantai Peru dan Chile, dan terbatas pada wilayah Humboldt Current (pesisir pantai – samudra pasifik). Selain di kedua negara tadi, ada beberapa pengunjung yang melihat di barat daya pantai Ekuador. Hal ini dapat diidentifikasi oleh tubuh berwarna abu-abu gelap, kumis putih di kedua sisi kepalanya, serta paruh dan kaki yang berwarna merah-orange.

burung berkumis inca tern langka

Burung Inca tern memiliki panjang sekitar 40 cm baik jenis kelamin jantan maupun betina. Yang membedakan pada burung yang telah berumur kebanyakan berwarna abu-abu dengan putih terbatas pada bulu wajah dan tepi trailing sayap. Burung yang masih peranakan berwarna ungu kecoklatan, dan secara bertahap mengembangkan bulu wajah.


Advertisement

burung inca tern hitam abu-abu

Burung Inca tern merupakan jenis karnivora. Mereka memakan ikan kecil seperti ikan teri. Burung tersebut mampu mengamati mangsa dari udara melihat ke arah laut. Ketika terlihat ikan di bawah permukaan air, Inca Tern sanggup menyelam ke dalam air untuk mengambil makanan dengan paruhnya yang runcing. Dengan kaki seperti binatang bebek, tak masalah jika berada di permukaan air.

burung inca tern seperti bebek

Scientific classification

Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Charadriiformes
Family: Sternidae
Genus: Larosterna
Blyth, 1852
Species: L. inca
Binomial name
Larosterna inca
(Lesson, 1827)

 

(adt/ref:wikipedia/amusingplanet)

 

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme