Indonesia Menempati Peringkat 115 Global Creativity Index 2015

Advertisement

Global Creativity Index atau GCI merupakan basis luas yang mengukur pertumbuhan ekonomi dengan mengakumulasikan perhitungan bakat, teknologi, dan toleransi. Mereka telah mengumpulkan data dari 139 negara secara luas mengenai creativity dan prosperity.

Rangking pertama CGI ditempati oleh Australia. Sementara Amerika Serikat menyusul di nomor 2. Untuk peringkat nomor 3 sampai ke 10 ditempati oleh Selandia Baru, Kanada, Denmark / Finlandia, Swedia, Islandia, Singapura, dan Belanda.

Indonesia tertinggal jauh dari negara tetangga seperti Malaysia, Vietnam dan Thailand. Indonesia menempati urutan ke 115, Malaysia 63, Vietnam 80 dan Thailand 82.

Technology

Korea Selatan paling dominan dalam teknologi disusul oleh Jepang dan Israel. Amerika menempati nomor 4 dan selanjutnya sampai nomor 10 oleh Finlandia, Australia, Selandia Baru, Jerman, Singapura, dan Denmark.

Teknologi di Indonesia menempati posisi 67, lagi-lagi, Indonesia masih kalah dengan Malaysia yang menempati 24, sedangkan Vietnam 45 dan Thailand 38.

Talent

Australia tetap nomor satu dengan bakat yang mereka miliki. Kemudian sampai nomor 10 : Amerika Serikat, Finlandia, Singapura, Denmark, Slovenia, Belarusia, Selandia Baru dan Swedia.

Potensi yang dimiliki indonesia terbilang jauh, yakni nomor 108, Malaysia 69,Vietnam 104 dan Thailand 84

Tolerance

Toleransi negara terbaik di dunia adalah Canada, dimana negara tersebut sangat terbuka untuk berbagai etnis dan agama. Bahkan untuk kaum-kaum minor pun mereka tidak mempermasalahkannya. Urutan berikutnya : Islandia, Selandia Baru, Australia, Inggris, Belanda, Uruguay, Irlandia, Norwaygia dan Swedia.

Advertisement

Terjadinya banyak konflik di Indonesia membuat penilaian menempati urutan ke 115. Tidak jauh berbeda dengan Malaysia 101, Vietnam 104, dan Thailand 105.

peta negara bendera kreatifitas dunia

Kreatifitas, kompetisi, dan kemakmuran yang diukur oleh Global Creativity sangat dekat dengan economic development. Semakin tinggi peringkat mengindikasikan segala bentuk ekonomi perorangan, daya saing, dan kesejahteraan negara. Termasuk juga terkait dengan entrepreneurship dan pengembangan sumber daya manusia. Faktor lain yang mempengaruhi antara lain urbanisasi yang juga menentukan skor dalam CGI.

Berikut ini adalah data lengkap Global Creativity Index 2015 : Download Link

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: Desember 14, 2015 — 5:09 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme