Internet Archive Membuat Copy Database di Canada

Pemilihan Donald Trump tidak hanya berarti perubahan besar bagi pemerintah, tetapi untuk organisasi yang beroperasi di Amerika Serikat juga. Dalam menanggapi administrasi Trump, Internet Archive sebuah perpustakaan digital yang mendokumentasikan sejarah web, berencana untuk membuat copy dari database-nya di Kanada.

Seperti dilansir dari laman pressfrom.com, keputusan untuk membuat backup berbasis Kanada diumumkan melalui posting blog pada hari Selasa 6/12/16 oleh pendiri Internet Archive Brewster Kahle, dan disajikan sebagai tindakan pencegahan bagian keamanan dan reaksi atas Presiden terpilih Trump.

“Pada tanggal 9 November di Amerika, kita bangun untuk pemerintahan baru yang menjanjikan perubahan radikal. Itu adalah peringatan lembaga perusahaan seperti kita, dibangun untuk jangka panjang, perlu merancang untuk perubahan,” tulis Kahle. “Bagi kami, itu berarti menjaga bahan budaya kita aman, swasta dan terus-menerus diakses. Ini berarti mempersiapkan untuk Web yang mungkin menghadapi pembatasan yang lebih besar.”

Kahle memperkirakan proyek ini akan menelan biaya jutaan dolar, tapi mungkin suatu keharusan untuk menghindari tantangan potensial di AS untuk proyek berbasis di San Francisco. Tantangan hukum, pengawasan pemerintah, dan sensor bisa semua masalah muncul untuk operasi Internet Archive ini.

Dalam posting, yang meminta sumbangan pengguna untuk melengkapi perluasan layanan ke Kanada, Kahle membandingkan Internet Archive dengan perpustakaan, sebagai catatan yang rentan terhadap jalur patahan.

“Sepanjang sejarah, perpustakaan telah berjuang melawan pelanggaran privasi yang mengerikan – dimmana orang telah ditangkap hanya karena apa yang mereka baca,” tulisnya. “Pada Internet Archive, kita berjuang untuk melindungi privasi pembaca kami di dunia digital.”

Perhatian Kahle ini berasal dari kurangnya kejelasan dalam posisi pemerintahan Trump terhadap isu-isu yang bisa menimbulkan ancaman pada Internet Archive. Trump sebelumnya telah menyatakan keyakinannya “closing up” (menutup) daerah-daerah tertentu dari internet dan menyarankan orang-orang yang percaya kebebasan berbicara dilindungi di internet adalah “foolish” (kebodohan).

Trump juga telah mengambil sikap terhadap netralitas bersih, perluasan didukung alat pengawasan pemerintah, menyerukan boikot Apple ketika menolak untuk bekerja sama dengan penegak hukum untuk menindak protokol enkripsi sendiri, dan secara terbuka berharap untuk kekuatan untuk hack oposisi.

Internet Archive telah mengumpulkan lebih dari 15 petabyte data (sekitar 15 juta gigabyte). Ini adalah sebagian kecil dari apa yang Facebook telah berhasil mengumpulkan, tetapi Internet Archive berjalan sebagai non-profit dengan staf hanya 150. Layanan ini mungkin paling dikenal untuk Wayback Machine (mengembalikan data jika website mati), arsip menjalankan web yang log lebih dari 300 juta halaman web setiap minggu. (hrz)

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post