Internet Sehat Perlu Ditanamkan Pada Anak Usia Dini

Advertisement

Mengikuti perkembangan zaman, setiap individu sekarang berhak untuk menggunakan internet. Banyak sekali manfaat didalamnya, akan tetapi disisi lain, perlu sebuah edukasi dan sosialisasi internet sehat agar tidak mengakses konten negatif yang menghawatirkan masa depan anak itu sendiri.

Salah satu contoh sosialisasi internet sehat dilakukan oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika membimbing ratusan pelajar tingkat SD dan SMP di Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan.

Ketua Panitia Pelaksana Endang Sri Hidayati di Tanjung, seperti dilansir dari Emading menyebutkan, para pelajar perlu mengetahui penggunaan internet sehat, serta menjaga privasi dan kemananan jaringan.

“Selain siswa SD, SMP dan Madrasah Tsanawiyah sosialisasi internet sehat juga diikuti para guru agar dapat mengetahui website, situs dan blog yang sehat untuk dikunjungi,” kata Endang, 10/2.

Dishubkominfo Kabupaten Tabalong sebelumnya telah melakukan Road Show ke-10 sekolah tingkat SLTA guna mensosialisasikan penggunaan internet sehat.

Awal sosialisasi internet sehat dibuka oleh Kadishubkominfo Kabupaten Tabalong, Nanang Mulkan, sekaligus memberikan pemaparan tugas pokok dan fungsi Dishubkominfo dan keberadaan Bandar Udara Warukin Tanjung.

Advertisement

“Sejak dini anak harus bisa mengetahui manfaat dan efek negatif dari gadget karena ini menjadi pondasi awal pembentukan jati dir dan karakter anak,” ujar Nanang.

Dalam sosialisasi internet sehat bagi pelajar peserta mendapatkan wawasan penggunaan media sosial yang aman oleh Kepala seksi Pengkajian Pengembangan Kominfo dan E-Goverment Eddy Suriani.

Termasuk penggunaan internet sehat dan aman oleh staf bidang pos dan telekomunikasi Hilas Stephanus Songan serta pemaparan Kepala UPT Bandara Udara Warukin Ady Fajar.

“Fungsi internet selain sebagai media informasi dan komunikasi juga menjadi fasilitas hiburan bagi penggunanya namun harus hati-hati saat bermain internet karena bisa dijadikan sarana penipuan atau menghujat orang lain,” pungkas Hilas.

Semakin majunya teknologi, semakin memudahkan akses penggunanya dalam menjelajahi internet. Untuk itu tiap daerah perlu mengadakan sosialisasi seperti ini agar selalu menggunakan internet secara sehat.

Mungkin jangkauan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika terbatas pada ruang lingkup tertentu, peran aktif masyarakat sangat diperlukan bagi anak usia dini dalam mengakses internet.

(hrz/ref:Emading.com)

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme