Jelajah Untuk Mencicipi Kopi, Ternyata Paling Enak di Rumah Sendiri

Advertisement

Kopi, yup, minuman yang satu ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan tubuh saya cungkring. Sejak masih duduk di bangku SD 20 tahun yang lalu, saya tak pernah melewatkan untuk menyeruput kopi sampai detik ini.

Rekan saya ada yang bilang kalau saya ini ‘The Black Blood’ karena sebelum berangkat kerja, satu gelas kopi. Istirahat siang, ngopi lagi, nyantai di sore hari, tambah secangkir kopi, dan malam hari sepeminuman kopi bahkan nambah lagi kalau lagi nonton Liverpool berlaga, hehe.

kopi temanggun nikmat

Kopi Temanggung dinikmati saat nonton Gerhana Matahari Total 2016

Apa sih yang membuat minuman kopi jadi favorit? Kopi itu nikmat, dan harus diperingatkan juga :

PERINGATAN PERKOPIAN :

KOPI DAPAT MENYEBABKAN KETAGIHAN, INPIRASI, MENGHANGATKAN SUASANA DAN MENJALIN PERSAUDARAAN DAN KEBERSAMAAN

 😀

Dilansir dari laman liputan6.com, produk kopi Temanggung, Jawa Tengah, bakal ikut ditampilkan dalam ajang Speciality Coffee Association of America (SCAA) pada 14-17 April 2016, di Atlanta, Georgia.

“Pada ajang tersebut kami akan menampilkan kopi arabica dan robusta yang menjadi salah satu komoditas unggulan Temanggung,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti di Temanggung, dilansir Antara, Kamis, 7 April 2016.

Acara itu merupakan kegiatan paling bergengsi karena setiap produsen kopi dapat mempromosikan produknya dari masing-masing negara.

SCAA akan menyeleksi kopi terbaik untuk dipromosikan sehingga kopi terpilih haruslah memenuhi kualifikasi yang sudah ditetapkan.

“Pengolahan kopi di Temanggung diproses melalui dua metode, yakni pengolahan basah dan kering untuk hasil yang terbaik,” ujar Ronny.

Ronny menuturkan, pihaknya akan mengisi stand yang disediakan oleh Kementerian Perdagangan RI bersama dari Aceh. Kopi Temanggung sebelumnya masuk dalam delapan besar pada festival kopi di Swedia dan menang dalam ajang kopi cita rasa Nusantara di Jakarta.

Advertisement

“Pada SCAA kami juga akan membawa kopi tradisional yang tidak diproses dengan mesin,” kata Ronny.

Melalui ajang SCAA tersebut, kopi Temanggung diharapkan lebih dikenal di dunia sehingga pendapatan petani meningkat dan sejahtera.

“Selama ini, kopi Temanggung sebenarnya sudah diekspor, tetapi melalui eksportir dari luar Temanggung. Ke depan diharapkan ada eksportir langsung dari Temanggung,” kata Rony.

Java Coffee

Kopi Jawa atau “Java” merupakan salah satu jenis kopi yang berpengaruh di dunia sampai-sampai “Java” merupakan slang bahasa Inggris untuk kopi. Produksi kopi di Jawa dimulai pada abad ke 17 oleh pemerintah kolonial Belanda dan sejak saat itu Jawa menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Kopi Jawa merupakan jenis kopi Arabika yang unik karena kondisi geografis Indonesia. Kopi ini memiliki badan yang berat, manis, lembut dan supel, sedikit aroma hutan. Kopi Jawa merupakan bagian dari campuran legendaris “Mocha Java” yang merupakan campuran Java dan Kopi dan Yaman. Saat ini kebanyakan perkebunan kopi di Jawa dikuasai PTPN yang meneruskan tradisi kopi Java yang sudah mendunia.

Dan salah satu tempat penghasil biji kopi terbaik di Jawa adalah Temanggung. Nah, beruntung saya sebagai asli orang Temanggung dan setelah mencoba mencicipi berbagai kopi mulai dari kopi Gayo Aceh, Kopi Palembang, Kopi Lampung, Kopi Banten, Kopi Kintamani, Kopi Toraja dan lain-lain, saya merasakan sebuah kenikmatan Kopi Temanggung.

Saat ini saya belajar dari ayah saya dalam memilih biji kopi dan proses terbaik untuk meningkatkan cita rasa. Selain itu saya juga selalu mencari referensi dari pelaku bisnis dan petani kopi di Temanggung.

Jika ada pertanyaan, apakah saya juga seorang pelaku bisnis kopi?

kopi temanggung ayomaju info proses tradisional

Tentu saya akan menjawab “Ya”, Anda bisa menghubungi saya untuk menjajal Kopi Temanggung. Saya telah menyediakan biji kopi mentah maupun yang telah diproses menjadi kopi bubuk yang diolah secara tradisional.

Kontak

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: April 14, 2016 — 2:43 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme