Jutaan Bola Hitam Memenuhi Danau Cegah Penguapan

Advertisement

Kondisi musim panas di negara bagian Los Angeles, Amerika serikat membuat Los Angeles Departement of Water and Power (LADWP) mempunyai ide untuk mengurangi penguapan air yang tersedia di Danau Sylmar California. Caranya dengan memasukkan bola ke dalam danau sampai air yang ada tidak terlihat sama sekali.

danau hitam

Bola plastik jumlahnya mencapai 96 juta bola berwarna hitam, dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari pada bola tenis.

 

 

 

danai bola hitam

Advertisement

Apakah bola tersebut efektif?

Benar saja, ide yang dicetuskan oleh Pensiunan Ahli Biologi LADWP Dr Brian White ini mampu mereduksi setidaknya 300 juta galon penguapan air.

Selain itu, danau yang berubah menjadi pemandangan hitam tersebut dapat mencegah pencemaran debu, zat kimia, hujam, dan gangguan lainnya. Ini menghalangi hewan liar atau burung yang berpotensi mencemari danau, sehingga air relatif terbebas dari bahaya pencemaran.

Harga untuk satu bola adalah 36 sen ( sekitar 5ribuan ). Ya, bisa dibayangkan habis berapa banyak uang untuk ide tersebut.

Menurut Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti penggelontoran ‘shade ball’ ini merupakan peristiwa bersejarah untuk California.
“Ini merupakan¬†fase bersejarah di California yang mengalami kekeringan, semoga cara ini mampu menyelamatkan persediaan air kita.” ¬†(hrz:discoverynews)

Advertisement

Info Terkait

Updated: Agustus 21, 2015 — 12:23 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme