Kalkulasi Keuntungan Buka Usaha Konter Hp

Pengalaman dari : Yogi. Dalam menentukan jenis usaha dengan modal kecil namun dengan penghasilan yang stabil sudah tentu bukanlah hal yang mudah untuk segera diputuskan, karena masih harus mempertimbangkan beberapa faktor-faktor penentu yang turut mendukung kelancaran usaha tersebut, karena bila saja tidak malah akan mendatangkan kerugian.

Beberapa faktor-faktor tersebut antara lain:
– Kemauan untuk mendapatkan penghasilan.
– Konsisten dalam rangka menjalankan Usaha.

Pada akhirnya Modal yang sangat besar diperlukan adalah komitmen dan kemauan dari diri sendiri untuk mendapatkan penghasilan hanya dengan bermodal kecil.
Banyak orang berfikir bahwa untuk membuka suatu usaha, maka akan dibutuhkan modal yang sangat besar. Ini merupakan pola fikir yang sempit yang dapat menghambat suatu proses kemajuan pada diri sendiri.
Sedikit mengingatkan kembali ketika kita masih mendapatkan pendidikan disekolah atau dibangku kuliah, sering kita mendengar dan mempelajari dalam mata pelajaran atau pun mata kuliah selalu diajarkan rumus-rumus usaha. Mungkin diantara kita ada yang masih ingat dan ada yang sudah lupa.
Oke..untuk mengingatkan kembali bagi yang sudah lupa.
W= F.s
Dimana :
W = Usaha.
F = Gaya.
S = Jarak.

Mungkin ada yang bertanya : “ Apa hubungannya rumus yang diatas dengan Usaha yang akan saya jalani?”.

OK, pertanyaan yang bagus, disini saya akan coba menjelaskan hubungan antara rumus diatas dengan usaha yang akan dijalani.

F= Gaya : Hal ini dapat kita identikkan dengan seberapa besar cara kita dalam usaha.
Contoh : 1. Ingin melamar pekerjaan di kantoran, Maka harus bergaya layaknya orang kantoran. Singkatnya, kita akan berusaha untuk memiliki pakaian yang layak untuk bekerja di kantor, dan mencoba menyelesaikan pekerjaan dikantor dengan sebak-baiknya dengan kemampuan skill yang kita miliki, karena kalau tidak pastinya akan ditegur oleh atasan ataupun diberhentikan dari pekerjaan kita.

S= Jarak : Hal ini dapat kita identikkan dengan jarak kita untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Contoh : 2. Ingin membuka warung di tempat yang sepi akan sangat berbeda dengan membuka warung ditempat yang ramai. Singkatnya, Jarak akan kita perhitungkan dengan pembeli sehingga banyak orang membuka warung ditempat yang ramai, dengan perhitungan memperpendek jarak kita dalam membuka warung dengan pembeli.
Dari uraian diatas, sangat jelas sewaktu kita ingin membuka usaha, bahwa Maju mundurnya usaha tersebut adalah dari dalam diri kita sendiri.

Baiklah kembali ke judul kita.
Untuk jenis usaha yang saya maksudkan dibawah ini, ada jenis usaha yang sudah pernah saya jalani maupun jenis usaha yang dijalani oleh teman saya.
Jenis usaha yang saya maksudkan:

*Buka Counter penjualan Pulsa* (saya sebut dgn Management saling membantu)

Baiklah, mari kita coba analisa satu persatu.
1. Buka counter penjualan pulsa :
Banyak orang menghabiskan modalnya sampai puluhan juta rupiah hanya membuka satu counter pulsa. Hal ini tidak masalah bagi yang punya modal besar, namun bagi orang yang memiliki modal kecil….wah..susah bro…!!!.
Trus caranya bagaimana?:
Anda memiliki kerabat, teman & keluarga bukan?.
Kebanyakan sehari-hari selalu saja ada dari kerabat, teman & keluarga kita yang tinggal di rumahnya, entah itu istrinya, adiknya ataupun orang tuanya yang biasanya hanya mengurus pekerjaan rumah.
Nah, anda dapat membuka counter pulsa dirumahnya tersebut, Hitung2 bagi hasil dengan pemilik rumah sehingga mereka juga mendapatkan pemasukan tambahan. Jadi sekalian membuka lapangan pekerjaan juga…

Trus Modalnya Berapa? :
Pengalama saya untuk modal kecil, hanya dibutuhkan modal sbb:
1. Estalase kecil : Rp.400.000 (2mX1m)..kalau lebih kecil pasti lebih murah.
2. Handphone : Rp.250.000 (Nggak perlu biaya klo pake HP yang punya rumah)
3. Deposit pulsa : Rp.100.000 – Rp.300.000 (tergantung keinginan).
4. Kartu Perdana : Rp. 100.000 – Rp.300.000 /all operator (tergantung keinginan)
Accessories untuk Handphone dapat ditambahkan jika dibutuhkan, karena biasanya jarang ada yang beli…yaa dari pada matiin modal, yaa mending ditahan aja ga usah beli dulu.

Keuntungan dengan system seperti ini :
1. Anda tidak perlu memikirkan gaji karyawan. (soalnya bagi hasil sama tuan rumah yang sekalian jagain counter pulsanya).
2. Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa toko.
3. Anda tidak perlu memikirkan biaya listrik & sebagainya.
4. Adanya hubungan emosional antara tuan rumah yang jagain counter dengan para tetangga ataupun kerabatnya, sehingga orang yang ingin berbelanja akan enggan pergi berbelanja ke tempat lain.
5. Lebih dipercaya cepat mendatangkan pembeli ketimbang system jual pulsa yang banyak berkembang di internet seperti sekarang ini.
6. Bagi pemodal, merupakan penghasilan tambahan bagi orang yang sudah bekerja.
7. Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Kerugian dengan system seperti ini :
1. Harus diperlukan kontrol yang ketat ( kunjungan di pagi hari dan sore hari untuk memastikan semua berjalan dengan baik).

Pembagian keuntungan perhari dapat dilakukan dengan pola : 40% : 40 % : 20%
Dengan asumsi :
– 40 % keuntungan / hari buat sang pemilik modal.
– 40 % Keuntungan / Hari buat yang jagain counter.
– 20 % Keuntungan / Hari untuk pengembangan modal.

Jadi jika kita memiliki 10 counter penjualan pulsa dengan system seperti ini, dengan asumsi kentungan perhari Rp.30.000/counter.
Maka: 40% X Rp.30.000 = Rp.12.000/ counter
Jika 10 counter = Rp.12.000 X 10 = Rp.120.000/hari.
Setiap hari dapat Rp.120.000 hanya dengan control di pagi hari dan sore hari…hmmm nice.
Dari system ini dapat di simpulkan bahwa kita sudah memenuhi rumus yang S yakni, kita memperpendek jarak kita dengan pembeli, sementara untuk rumus F dipenuhi dari kontrol kita setiap hari.

Dapat membuka Konter penjualan pulsa dengan modal lebih kecil dari Rp.1.000.000 / counter dan lebih efisien dalam usaha ketimbang membuka counter penjualan pulsa dengan modal minimal Rp.5.000.000 s/d Rp. 10.000.000./counter.

Demikianlah untuk satu jenis usaha yang hanya memerlukan modal kecil.Semoga bermamfaat.

Bagikan jika Anda suka

38 Comments

  1. Mf bukan ia sombong emng bener c ak aja jualan alahamdulilh 200/hari untung ia tap ane mw nanya bro clo ane kan g sekolah paling juga lu2san SD cuman bsa ngitung uang clo sistem ia bagi hasil trus ane ngontrak kios ia seandai ia kios ia se tahun 7juta Itu bagi ia gimn ia bro clo jualan ia klomplit kya d toko ak mungkin bsa tap kan modal ia lumyan bayak ak pengn tw modal g bayak tap bsa d bagi buat yg laen ia

  2. mantep bgt pak..smakin terbuka dan yakin utk usaha sendiri..rekomendasi yg bagus buat usaha sendiri..bisa d modifikasi utk usaha lain ny dan sistem administrasi ny simple.. sya ingin coba dan salam sukses 🙂

  3. ide yang briliant gan , makasih banyak , saya udah punya 1 konter dah bertahun – tahun , pengen buka cabang dari dulu mikirnya modal puluhan juta kyk konter pertama ane, eh udah baca artikel ini ane langsung ngontek sodara. thanks u bgt, semoga rezeki penulis semakin ngalir

  4. Usaha apapun modal besar apa kecil tergantung pada diri kita sendiri bagaimana cara mengelolah usha kita keuntungan besar apa kecil g jadi maslh yg penting kita sabar lan ikhlas bener g…..????

  5. Trimakasih gan atas infonya. Ini saya mau cerita, saya buka konter di rumah saya seiring jalanya waktu, kok omset pnjualanya menurun, awalnya sih lancar2 saja. Tapi bulan2 ini kok rada sepi,gimana ya gan atasinnya biar ttep stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Info Terkait

Alat Medan Listrik untuk Meningkatkan Perkembangan Ikan Lele Kabar bagus untuk para peternak lele. Mahasiswa telah menciptakan sebuah alat perangsang pertumbuhan pada ikan lele. Seperti yang dikutip dari laman Okezone.com, Lima mahasiswa ...
Ternak Lele Pakai Terpal, Kelihatanya Mudah dan Untung Besar Salah satu usaha budidaya perikanan adalah ternak lele pakai terpal. Selain lebih praktis, kolam terpal juga efektif untuk membesarkan ikan lele. Kelihatanya mudah, dan beberapa in...
Manfaat Website untuk Bisnis di Masa Depan Seberapa penting sebuah situs untuk usaha Anda? mungkin Anda mengira tak sepenting yang Anda kira jika saat ini bisnis yang Anda jalankan masih aman-aman saja. Tapi bagaimana untuk...
Potensi Budidaya Tanaman Kecipir Untuk membudidayakan kecipir cukup mudah karena kecipir sangat cocok ditanam di Indonesia. Kecipir dapat hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi sampai ketinggian 1.600 m dpl...
Tips Membuka Usaha Barber Shop Laris Manis Membuka barber shop atau lebih sederhanya kita sebut pangkas rambut atau tukang cukur dapat mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Bisnis akan menjadi besar jika dijalankan deng...
Papan Iklan Reklame Seharusnya Kuat dan Tidak Membahayakan Bebearapa waktu yang lalu, sebuah papan iklan atau reklame roboh yang ada di Ramanda, Depok, Kamis 19/1. Seperti dilansir dari Poskota News, baliho ukuran besar di gedung Ra...
Packaging Design Unik untuk Produk Usaha Anda Kreatif Desain Kemasan: Sebagian orang menilai kualitas produk dengan kemasan yang unik. Dalam posting ini kami menyajikan contoh yang sangat baik dari desain kemasan yang indah, m...
6 Alasan CCTV itu Vital Untuk Keamanan Usaha Anda   Salah satu cara yang paling efektif untuk memberikan keamanan di tempat kerja adalah dengan CCTV Security atau Video Surveillance Systems. Teknologi yang sangat canggih d...
Empat Skema Visualisasi Masa Depan Lebih Cerah Bagaimana Anda melihat diri Anda 5 atau 10 tahun dari sekarang? Ini pertanyaan yang sering kita dengar, dan banyak sekali jawaban mudah: keliling dunia, memiliki pekerjaan yang ...
Kreatif Menghasilkan Uang Menjadi seorang entrepreneur menjadi dambaan banyak orang, terlebih saat ini menjamur seminar-seminar entrepreneurship yang menawarkan berbagai ilmu serta pelatihan yang disertai k...