Karakteristik Kamera Dslr Canon vs Nikon

Bagikan jika Anda suka

Siapa pembuat kamera Dslr terbaik? Canon atau Nikon? Itu adalah pertanyaan yang “impossible”. Jawabannya pasti tidak jelas mana yang terbaik diantara kedua industri perusahaan kamera tersebut, jika terungkap jelas maka salah satu dari merk tersebut pasti sudah lenyap dari pasaran. Bahkan banyak yang bertanya, pilih mana kamera dslr canon atau nikon yang paling bagus?

Faktanya, canon vs nikon menawarkan beberapa kamera terbaik, lensa, flash system dan aksesoris. Dan hal tersebut sudah dilakukan bertahun-tahun.

Manapun yang anda pilih, sesuaikan dulu siapakah anda. Ada beberapa pilihan yaitu entri level ( untuk pemula ), semi pro ( fotografer amatir ), dan expert/pro ( untuk fotografer professional ).

Pengguna profesional pun masih saja belum berani memastikan siapa yang terbaik diantara Canon Eos atau Nikon untuk senjata mereka menagkap objek yang mereka buru. Pengguna Nikon dan ahli photoshop professional Scott Kelby’s beralih menggunakan Canon, sedangkan professional photographer lainnya bernama Adam Burton yang tadinya menggunakan Canon sekarang pindah ke Nikon. Dan satu lagi fotografer alam liar Andy Rouse yang dulunya menggunakan Canon, mencoba menggunakan Nikon namun beberapa waktu kemudian beralih kembali ke Canon.

Canon Eos camera ada 100 hal yang anda tak perlu tahu apa yang musti dilakukan, berbeda dengan nikon yang harus mengetahui 100 tips dalam memotret. Maksudnya adalah ketika menggunakan kamera canon (khususnya pada tingkat entri level-semi) tidak perlu mengetahui beberapa aspek khusus seperti yang ada pada nikon.

Jika anda ingin mempelajari fotografer profesional benar-benar serius maka nikon adalah pilihan terbaik. Karena karakter kamera nikon bisa menghasilkan gambar yang lebih tajam daripada canon (sama kelas), namun seringkali jika kita tidak memperhatikan aspek khusus seperti pengaturan manual, pengaturan iso, balance, focus, dan masih banyak lagi maka hasil fotonya bisa jauh lebih jelek dari canon.

Berbeda dengan canon, bisa dibilang karakter kamera ini user friendly / mudah digunakan (entry level). Namun pada canon seri pro sama rumitnya pada kamera nikon.

canon vs nikon

Poin utama, ditujukan untuk pemula :

1. Nikon sangat cocok untuk fotografi serius seperti foto pemandangan, landscape, dan objek dengan ketajaman yang bagus. Sementara Canon sangat baik untuk digunakan seperti foto spontan ( banyak bergerak ), event, potrait, atau foto untuk sosial media.

2. Nikon : kekuatan pada detil dan warna yang lebih kental, sementara canon : hasil foto yang lembut dan skin tone yang bagus.

3. Filosofi, Nikon : seperti bermain judi, menang hore kalah apes maksudnya jika kita pas mensetting ketika mengambil gambar maka hasilnya sangat luar biasa bagus, akan tetapi jika salah mengatur maka gambarnya bisa kalah dari kamera smartphone. Sedangkan Canon itu seperti PNS, kerja kayak apa gajinya ya tetap. Maksudnya dengan mengsetting foto ala kadarnya hasilnya bagus, dan ketika disetting paling oke hasilnya tetap bagus namun tetap nggak beda jauh.

Jadi, bagus mana Canon atau Nikon? Anda akan tahu setelah memakai keduanya, dalam catatan, di kelas yang sama. Entah itu entry level, semi pro, atau profesional.

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.